DPD KNPI Manokwari Dilantik, Pemda Harap Pengurus Miliki Komitmen Majukan  Organisasi dan  Bangun Sinergitas  Sukseskan Program Pembangunan di Manokwari

  • Whatsapp

MANOKWARI-Ketua KNPI Papua Barat, Sius Dowansiba melantik  Dewan Pengurus Daerah (DPD) KNPI kabupaten Manokwari periode  2019-2021 di kantor KNPI PB senin 22 juni 2021 yang ditandai dengan pengambilan sumpah janji penyerahan, bendera pataka dan penandatangan berita acara.

Pelantikan diawali dengan pembacaan deklarasi Pemuda dilanjutkan prosesi pelantikan  dengan pembacaan surat keputusan oleh sekertaris DPD KNPI PB dan pengambilan sumpah.

Pelantikan ini dirangkaian dengan orientasi  yang dibuka langsung oleh sekda Manokwari Aljabar Makatita yang ditandai dengan pemukulan Tifa.

Sekda Manokwari dalam sambutannya mewakili bupati Manokwari menyampaikan bahwa  suatu harapan kebahagiaan atas pelantikan pengurus untuk DPD KNPI kabupaten Manokwari periode  2018_2021 atas keberlangsungan organisasi dapat terlaksana  dengan hasil musyawarah daerah  yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu dan berarti bahwa saat ini knpi telah memiliki kepengurusan yang baru dan sah selanjutnya akan melaksanakan program-program knpi  di kabupaten Manokwari.

“Atas nama pemda  mengucapkan selamat dan berharap  pengurus mempunyai  komitmen yang sama  untuk memajukan organisasi ini ke arah yang lebih baik serta dapat bersinergi dengan pemerintah kabupaten Manokwari khususnya dalam mensuskseskan pelaksanaan berbagai program  pembangunan di Manokwari” kata sekda.

Selain itu juga sangat diharapkan ikut berperan aktif  membantu pemerintah daerah dan satgas covid19 Manokwari untuk bersama-sama melakukan berbagai  upaya dalam rangka  pencegahan penyebaran pandemi  covid19  agar program  Manokwari menuju new normal atau tatanan  kehidupan baru dapat terlaksana dengan baik sehingga seluruh masyarakat yang hidup diatas tanah Arfak ini senantiasa  hidup sehat dan sejahtera.

Ditambahakan sekda bahwa pengurus juga diharapkan membantu  mensuskseskan  pilkada manokwari yang akan dihelat  serentak  pada bulan desember tahun ini sebagai perwujudan   dalam dalam rangka  menuju demokrasi yang bersih dan bermartabat di kabupaten manokwari.

Sekda menekankan  lahirnya KNPI sendiri diilhami dari rasa kepekaan dan kepeloporan generasi muda  dengan menggalang persatuan  dan kesatuan , mengkonsolidasikan  keanekaragaman potensi  , bentuk   sinkronisasi dan sinergi partisipasi dalam rangka mensukseskan pembangunan nasioanl dalam konteks  pembangunan daerah , peranan pemuda/KNPI  haruslah dioptimalkan  dalam rangka menyonsong kemajuan Manokwari pada masa  yang akan datang.

Sejarah pun membuktikan bahwa pemuda berperan penting dalam memerdekakan dimana saja yang mana kemerdekaan  tidak luput dari peran pemuda  karena pemudalah   yang paling bersemangat    dan ambisus  memperjuangkan  perubahan menuju lebih baik dan usia-usia  itu tidak dapat diremehkan karena mereka pun punya peranan penting  dalam perjuangan.

“Jika manokwari ingin lebih baik dan maju maka perbaikan itu yang utama ada ditangan pemuda” kata Sekda.

Menurutnya, Perbaikan itu akan tegak dari tangan  pemuda dan dari pemuda karena pemuda mempunyai banyak potensi akan tetapi  jika tidak dilakukan  pembinaan yang terjadi   adalah sebaliknya, potensinya tidak tergali  semangatnya melemah atau  yang lebih buruk  lagi menggunakan potensinya untuk melakukan hal-hal yang tidak  baik yang kita kenal dengan penyakit masyarkat seperti melakukan  tindakan kriminal mabuk-mabukan  perkelahian dan lain sebagainya.

Melalui Momentum pelantikan dewan pengurus KNPI kabupaten manokwari pemerintah berharap  agar menjadi  sebuah wahana kontemplasi kepemudaan dalam menantang  arus perubahan  yang menjanjikan harapan sekaligus tantangan bagi kawula pemuda.

Sebagaiaman problematikan kepemudaan adalah problem sistematik yang mengintegrasikan semua aspek sosial misalkan soal pengangguaran yang rata-rata  orang muda  tidak harus diartikan berbanding lurus  dengan kemerosotan  moral generasi muda  meski tidak bisa menapik bahwa minimnya lapangan pekerjaan menjadi salah satu  faktor yang mengarahkan  iklim depresi  di kalangan generasi muda.

Sekda berharap   kepada DPD KNPI Manokwari yang telah dilantik   dengan semangat kepeloporan   djadikan  sebagai acuan  DPD KNPI untuk melangkah dengan cepat melaksnakan rapat ķerja dengan melibatkn seluruh OKP  yang ada guna menyusun program kerja.

“Buatlah program.kerja  yang terbaik  terutama  program  kerja yang dapat menyentuh  langsung  kepentingan pemuda  guna menyiapkan generasi muda Manokwari  yang handal  beretika beriman,dan bertaqwa   kepada TYME ,  kraetif,  inovatif  serta siap terjun   dalam dunia kerja”harapnya.

Selain itu  program kerja yang dibuat  nantinya juga untuk kepentingan masyrakat  manokwari dalam rangka  menyokong laju pembangunan  di Manokwari.

DPD KNPI Manokwari  diharapkan mampu memfasilitasi terciptanya  lapangan kerja  bagi pemuda  dan masyrakat manokwari  yang bertujuan untuk  mengurangi  angka pengangguran.

“Pemerintah akan  memperhatikan  program-program kerja  DPD KNPI Manokwari.Semoga dengan kepengurusan  yang baru ini  DPD KNPI  terus eksis  dengan program-program  strategis  mampu menyiapkan  generasi muda  yang berkualitas  dan ikut  berkontribusi  dalam kemajuan  pembanguanan di kabupaten Manokwari” Pungkas Sekda

Pos terkait