Dorong Generasi Muda Eksplore Kreativitas, Disparpora Gelar Lomba Lukis Kreasi Pemuda Papua Tingkat Karang Taruna Se-Kabupaten Manokwari

MANOKWARI,Kabartimur.com- Dalam rangka mendorong generasi muda dalam mengeksplore diri dengan beragam ide kreativitasnya, pemerintah Kabupaten Manokwari melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) menggelar lomba Lukis Kreasi Pemuda Papua Tingkat Karang Taruna Se-Kabupaten Manokwari.

Kegiatan lomba lukis dibuka oleh Asisten I , Wanto mewakili Bupati Manokwari di Ruang Rapat Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Jl Taman Makam Pahlawan Sanggeng Manokwari, Jumat, (26/8/2022).

Bacaan Lainnya

Bupati Manokwari dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten I , Wanto menjelaskan bahwa Seni lukis adalah salah satu cabang dari seni rupa yang berfokus pada kegiatan melukis dan merupakan sebuah pengembangan yang lebih utuh dari menggambar, yang mengolah medium dua dimensi atau permukaan dari objek tiga dimensi untuk mendapat kesan tertentu.

Baca Juga :   MUI Papua Barat Ajak Umat Muslim Petik Hikmah Dari Pandemi Covid 19 Untuk Lebih Mendekatkan Diri Bersama Keluarga Kepada Allah SWT

“Momen ini merupakan saat yang tepat bagi generasi muda yakni pemuda-pemudi peserta lomba untuk berani mengeksplore diri dengan beragam ide kreativitas” , dan atas nama pemerintah daerah saya menyampaikan terima kasih atas partisipasi peserta lomba, panitia dan dewan juri sehingga kegiatan ini diharapkan dapat terlaksana dengan baik” Ujarnya.

Bupati memberikan motivasi kepada para peserta lomba untuk memberikan lukisan yang terbaik sebagai pesan moral kepada setiap orang yang melihat lukisan tersebut.

Menurutnya,sesuai dengan visi pemerintah kabupaten manokwari yaitu terwujudnya kabupaten manokwari sebagai pusat peradaban di tanah papua dan ibu kota provinsi papua barat yang beradab, religius, berdaya saing, inovatif, maju, mandiri dan sejahtera.

Maka melalui misi kedua dengan peningkatan sdm masyarakat yang berkualitas, dengan penguasaan iptek yang kreatif dan inovatif serta berdaya saing, maka intervensi program guna peningkatan daya saing usaha kerajinan masyarakat dan usaha mikro kecil menengah menjadi salah satu prioritas arah kebijakan dari program pembangunan daerah di kabupaten manokwari.

Baca Juga :   Wabup Pimpin Upacara Hardiknas 2019

“Kedepan saya berharap para pelaku-pelaku seni lukis perlu untuk terus diberdayakan sehingga dapat menghasilkan produk seni yang berkualitas dan berdaya saing serta memiliki nilai ekonomis yang tinggi” harapnya.

Dengan demikian akan memberikan nilai tambah bagi peningkatan usaha mikro kecil dan menengah di kabupaten manokwari yang bermuara pada peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah dan juga kesejahteraan rakyat.

“Selamat dan sukses kepada seluruh peserta lomba. ingat, menang dan kalah adalah soal biasa dalam perlombaan namun tetaplah berikan yang terbaik dari diri masing-masing” tandasnya.

Untuk diketahui kegiatan lomba lukis kreasi Pemuda Papua diikuti peserta perwakilan dari 15 Karang Taruna Kabupaten Manokwari dan dua peserta perwakilan wanita atau pemudi yang ada di Kabupaten Manokwari.(Red/VR)

Pos terkait