Ditjen HAM Kemenkunham RI Gelar Rapat Kerja Program Pemajuan dan Penegakkan Hak Asasi Manusia Tahun 2024

JAKARTA, Kabartimur.com- Dalam rangka pembinaan, pengawasan, dan pengendalian pelaksanaan Penegakan, Penghormatan, Pemenuhan, Perlindungan, dan Pemajuan HAM (P5HAM) Ditjen HAM Kemenkunham Republik Indonesia melaksanakan Rapat Kerja Program Pemajuan dan Penegakan HAM TA 2024.

Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Borobudur, Jl lapangan banteng Nomor 1 pasar Baru Kota Jakarta Pusat, senin (20/5/2024) yang dihadiri serta dibuka langsung oleh Menteri Hukum dan HAM Prof. Yasonna Hamonangan Laoly, S.H., M.Sc., Ph.D yang ditandai dengan penayangan Video capaian Kinerja Penghormatan, Penegakan, Pemenuhan dan Perlindungan, dan Pemajuan HAM

Bacaan Lainnya

Menteri Hukum dan HAM RI, Prof. Yasonna Laoly dalam arahannya menyampaikan bahwa “etapa pentingnya Direktorat Jenderal HAM untuk mengusulkan substansi Hak Asasi Manusia dalam RPJMN 2025-2029 maupun RKP 2025 dikarenakan Tanggungjawab Pemerintah terhadap HAM meliputi penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan dan pemajuan HAM, dan tanggungjawab tersebut harus terinternalisasi kedalam program pembangunan.

Baca Juga :   Menkunham Tekankan Pentingnya Literasi Keagamaan Lintas Budaya

Pada kesempatan yang sama dilakukan pemberian penghargaan kepada Kanwil Kumham Terbaik dalam pelaksanaan program Penegakan Penghormatan Perlindungan Pemenuhan dan Pemajuan HAM dan dukungan manajemen. dan dilanjutkan dengan pemberian penghargaan penilaian mandiri resiko bisnis dan HAM kepada (3) pelaku usaha (Pertambangan, Perbankan& pariwisata).

Kegiatan ini juga sekaligus dirangkaikan dengan Launching Prisma 2.0, Simas HAM 2.0, Indeks HAM Indonesia Tahun 2023, Peraturan Menteri Hukum dan HAM tentang tata Kerja Gugus Tugas Nasional dan Gugus Tugas Daerah , Peraturan Meneri Hukum dan HAM tentang Pedoman Pengarusutamaan HAM Dalam Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan, dan Mars Ditjen HAM.

Diketahui, kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara, Silvester Sili Laba didampingi Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Hidayat Yasin.

Musba Bakri Kepala Sub Bidang Pemajuan Hak Asasi Manusia dan seluruh Staf Bidang Hak Asasi Manusia Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara juga mengikuti Rapat Kerja Program Pemajuan dan Penegakkan Hak Asasi Manusia Tahun 2024 secara Daring melalui aplikasi Zoom Meeting di Ruang Bidang HAM Kantor Wilayah Kemenkumham Sultra. (Red/rls)

Baca Juga :   Kejaksaan Agung Tahan Kolonel CZI (Purn) CW AHT

Pos terkait