Disnakertrans Maybrat Akan Bangun Pasar Tiga Lantai dan Program Unggulan Lainnya

Maybrat, kabartimur.com- Pelaksana harian (Plh) Kepala Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertras) Kabupaten Maybrat, Samuel Ase Bless bertekad akan membangun pasar induk berlantai tiga di sekitar areal Ibu Kota Pemerintahan Kabupaten Maybrat. Pasar tersebut Rencananya dibangun di Kampung Sahabur Distrik Aifat.

Samuel mengatakan, rencana pendirian pasar itu merupakan salah satu program unggulan yang sudah diusulkan dinasnya melalui Musrembang tingkat Kabupaten Maybrat yang digelar, Kamis 4 Mey 2023 di Aula Samu Siret.

“Melalui musrenbang Kabupaten Maybrat ini, program unggulan Dinas Perdagangan adalah, pertama kami akan bangun Pasar Induk di Kabupaten Maybrat di Kampung Sahabur,” kata Samuel, Kamis 4 Mey 2023 saat ditemui usai penutupan Musrembang Kabupaten Maybrat di Kumurkek.

Tidak hanya itu, Samuel membeberkan bahwa pihaknya juga akan memperkuat pemberdayaan terhadap pengusaha orang asli Papua (OAP) lewat pemberian modal usaha melalui tahap pelatihan.

Baca Juga :   Puncak HUT RI Ke-77 Tahun 2022, Ikatan Permpuan Toraja Gelar Lomba Fashion Show

“Tapi lewat tahap pelatihan, merumuskan kebutuhan baru pendanaan,” terangnya.

Samuel melanjutkan, sedangkan bidang tenaga kerja dinasnya nanti melakukan pelatihan tentang teknik pemasaran dan promosi produk lokal. Konsentrasi dari program ini adalah kacang merah dan sriwangi dari wilayah mare agar digenjot menjadi produk unggulan dari Kabupaten Maybrat.

“ini pernah sudah masuk dalam promosi waktu KTT G-20 di Bali, pernah orang dari Amerika dan Jepang pesan lalu sumbernya di mana, makanya pemerintah harus mendukung agar program ini menjadi produksi masif dan berkelanjutan,” harap Samuel.

Program lain lagi yang ingin diwujudkannya adalah pendataan terhadap pengangguran di wilayah Kabupaten Maybrat antara yang mudah dan mau berusaha, sebagai wujud inovasi di bidang perdagangan dan tenaga kerja.

“Saya punya program lagi adalah yang mudah dan berusaha di Maybrat untuk tahun 2024, 2025 dan 2026, harus saya wujudkan melalui program pendataan,” terangnya.

Baca Juga :   STQH Tingkat Provinsi Maluku Utara Ke XXVII di Haltim Telah Dibuka Resmi

Samuel berharap ada dukungan serius dari pemerintah daerah atas rencana tersebut. Ia memastikan seluruh usulannya ini akan direalisasikan pada 2024.(Red/*)

Pos terkait