Dinas Koperasi Kabupaten Raja Ampat Serahkan 40 Unit Gerobak Bagi Pelaku UKM

  • Whatsapp

Waisai – Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Raja Ampat menyerahkan 40 unit gerobak bagi pelaku UKM yang tersebar di Distrik Kota Waisai, Waigeo Utara, Misool Selatan dan Misool Utara.

Penyerahan berlangsung secara simbolis oleh Sekda Raja Ampat, Dr. Yusuf Salim, M.Si, kepada perwakilan UKM, disaksikan Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Para Pimpinan OPD , di Halaman Kantor Koperasi, Kamis (4/6/2020).

Sekda Raja Ampat, Yusuf Salim, menyampaikan apresiasi kepada Dinas Koperasi yang mana pada pertengahan tahun tahun 2020 kegiatan sudah bisa dilaksanakan.

Disampaikan sekda bahwa Pemda terus melakukan berbagai upaya dalam mendorong pengembangan UKM di Raja Ampat.

Sekda mengakui bahwa dalam beberapa kesempatan berdiskusi dengan Bupati berkaitan dengan bagaimana dampak corona bagi pelaku UKM. Pemda juga terus berkoordinasi dengan Pemerintah pusat, berharap adanya bantuan juga dari pemerintah pusat.

Pihaknya berharap agar bantuan gerobak dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan peluang-peluang usaha yang ada.

“Bagi pelaku UKM di Raja Ampat, kami berharap jangan melihat dari nilai atau bentuk dari bantuan ini, mari melihat niat baik Pemda yang ingin memajukan pelaku UKM. Ini menjadi penyemangat, motivasi untuk pengusaha UKM, melihat peluang-peluang usaha yang ada” harap Sekda.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Ria Siti N. Umlati, menerangkan bahwa dengan adanya kondisi pandemic Covid-19 ini juga berdampak pada pelaku UKM.

“ Kondisi yang ada saat ini, ekonomi mereka sangat terganggu, semoga dengan adanya bantuan ini bisa memberikan semangat bagi mereka untuk berusaha” kata Ria.

Ia menyebut bantuan gerobak dibagikan kepada pelaku UKM yang sering menjual.

“ Ini sebenarnya ada 40, di Waisai sendiri ada 30 unit, yang di Misool Utara sama, Misool Selatan sama, Waigeo Utara juga dibagikan kepada setiap pelaku UKM yang sering menjual, dalam arti ini kapal-kapal penumpang yang sering berlayar dan sesuai jadwal Ini sementara kita bagikan, untuk tahun depan kemugkinan besar ada pembagian gerobak lagi” terang Ria.

Selain gerobak, ada juga Panci, termos dan peralatan lainnya yang mendukung kegiatan pelaku UKM.

Distribusi gerobak bagi pelaku UKM khusus di Kota Waisai langsung diserahkan kepada pelaku UKM, sedangkan untuk tiga Distrik lainnya akan dilakukan setelah akses transportasi dibuka Kembali. (Jefri).

Pos terkait