Di Wondama 3 M Dana Otsus untuk Modal Usaha, 50 Juta untuk BumDes

  • Whatsapp

WASIOR – Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat mengalokasikan 50 juta dalam APBD 2019 untuk pengembangan badan usaha milik desa (BumDes) bagi 75 kampung yang ada di daerah tersebut. Anggaran dimaksud bersumber dari Dana Otonomi Khusus (Otsus).

“Kita harapkan BumDes bisa menggerakan ekonomi di kampung jadi kita berikan 50 juta ke setiap kampung dari dana Otsus, “ ungkap Kepala Bappeda Palino Phiter Lambe pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Distrik Wasior di aula distrik, Kamis (14/2/2019).

Lewat pos dana Otsus tahun 2019, Pemkab juga menyediakan 3 miliar untuk belanja bantuan modal usaha bagi penduduk asli Wondama. Sehingga secara keseluruhan belanja bantuan untuk pemerintah desa yang bersumber dari dana Otsus tahun 2019 sebesar 6,750 miliar.

“Silahkan mama-mama atau masyarakat lain yang mau buka usaha, mau buka kios, buka bengkel, silahkan ajukan proposal. Tapi untuk jualan pinang kita tidak layani lagi karena kita inginkan ada usaha-usaha di bidang lain bisa tumbuh, “ lanjut Lambe.

Kebijakan penyaluran dana Otsus sebesar 50 juta ke kampung untuk pengembangan BumDes sempat dipersoalkan para kepala kampung. Pasalnya, tahun-tahun sebelumnya setiap kampung menerima dana Otsus sebesar 100 juta yang ditransfer langsung ke rekening kampung.

“Kenapa sekarang Cuma 50 juta. Dulu kami terima 100 juta. Kami harap dana Otsus ini bisa untuk jawab program di bidang pendidikan karena banyak anak kami yang perlu bantuan pendidikan tapi kami tidak bisa anggarkan dengan dana desa, “ kata Lodewik Manaruri, kepala kampung Rado. (Nday)

Pos terkait