Dalam Waktu Dekat, PT Antam Akan Melakukan Penyedotan Limbah di Pesisir Pantai Moronopo

KABARTIMUR,HALTIM – Setelah melakukan pertemuan dengan Pihak PT. Antam dan Instansi terkait, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Halmahera Timur (Haltim)Provinsi Maluku Utara (Malut) melalui Dinas Pertanahan dan Lingkungan Hidup menyampaikan dalam waktu dekat PT. Antam akan menyedot sedimen limbah yang ada di pesisir pantai Moronopo.

Hal ini disampaikan oleh Kepala dinas PLH Halmahera timur Harjon Gafur, Senin (19/04/2021).

Bacaan Lainnya

Harjon mengatakan, PT. Antam telah berjanji bahwa dalam waktu dekat mereka menyedot limbah tersebut dari lokasi pesisir pantai Mornopo.

“Kami sudah mengecek sendiri beberapa hari kemarin, PT. Antam sudah menyiapkan alat untuk menyedot penumpukan limbah tersebut,” Ujar Harjon.

Namun mengenai penyedotan limbah tersebut akan dibuang ke tempat atau media kemana, pihaknya pun belum mengetahuinya, Akan tetapi, Dinas PLH tetap melakukan kordinasi terus dengan PT. Antam, terkait dengan pembuangan limbah setelah penyedotan dilakukan.

Baca Juga :   Pencemaran Lingkungan, DPRD Halmahera Timur Tagih Janji PT Antam

“Jangan lagi setelah melakukan penyedotan selanjutnya limbah kembali terjadi lagi,” harap Harjon.

Menurutnya Pemerintah Haltim mempunyai kewenangan terbatas, karena sudah kewenangam diambil alih langsung oleh Pemerintah pusat.

Untuk itu kata dia, pemerintah daerah sementara membangun bargening atau komunikasi meskipun sifatnya terbatas untuk manyampaikan kepada PT. Antam, Pemerintah provinsi, dan instansi terkait lainya bahkan ke kementrian. Dalam artian mencermati lokasi pembuangan limbah di Moronopo secara kawasan.

“Jadi ada, tidak alternatif-alternatif lain dalam pengoprasian PT. Antam, sehingga jangan lagi terulang kejadian-kejadian yang terjadi pada saat ini, yakni penumpukan sedimen di pesisir pantai moronopo yang mendapat sorotan publick. Yang sekian lama kita tidak hiraukan,” hara Harjon. (RH/Red)

Pos terkait