Daftarkan Bacaleg, DPD PDI Perjuangan Papua Barat Target Raih 8 Kursi

MANOKWARI, kabartimur.com– DPD PDI Perjuangan Papua Barat menargetkan raih 8 kursi pada Pemilu 2024 yang akan dihelat secara serentak di indonesia.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Papua Barat, Saleh Siknun dalam konfrensi persnya usai menyerahkan berkas dokumen pengajuan bakal calon anggota DPR Papua Barat di aula kantor KPU Papua  Barat, kamis (11/5/2023).

“Kita tidak muluk-muluk karena untuk saat ini kita punya 4 kursi maka target kita adalah sekitar 7 sampai 8 kursi. Ini adalah angka yang rasional karena sesuai dengan pemetaan partai. Hari ini adalah 5 dapil maka target kita minimal setiap dapil itu 1 kursi sementara ada dapil tertentu yang bisa mendapatkan tambahan 2 kursi” ujarnya.

Saleh mengungkapkan bahwa secara Nasional Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) melaksanakan pendaftaran di seluruh Indonesia dan sesuai dengan instruksi partai dan kuota yang ada jumlah caleg yang diusulkan sebanyak
35 orang dengan komposisi:

  • Dapil 1 sebanyak 12 orang dengan kuota perempuan 3 orang.
  • Dapil 2 sebanyak 5 orang dengan 4 perempuan.
  • Dapil 3 sebanyak 5 orang dengan 2 perempuan.
  • Dapil 4 sebanyak 6 orang dengan kuota perempuan 2 Dapil 5 berjumlah 7 orang dengan 2 perempuan.
Baca Juga :   Pasar Tradisional Menjadi Incaran Penerapan PPKM Babinsa Koramil 1801-06 Masni

” Sesuai dengan hasil pemeriksaan dokumen Alhamdulillah hari ini PDIP Perjuangan Papua Barat dinyatakan memenuhi persyaratan untuk selanjutnya kita mempersiapkan diri pada tanggal 14 nantinya” kata Saleh.

Saleh menyebut bahwa Dapil yang ditargetkan mendapat dua kursi adalah dapil 1, dapil 2, dapil 4 , dan dapil 5.

“Ini perencanaan dan hasil kajian di pemilu nantinya dan kami optimis karena memang caleg terdistribusi baik, tidak hanya mempertimbangkan caleg partai tetapi kita juga mempertimbangkan kultur, agama dan keterwakilan suku, sehingga kami percaya dan optimis bahwa dapil-dapil tertentu dapat menyumbang lebih dari 1 kursi” terang Saleh.

Disisi lain kata Saleh, DPD PDI Perjuangan Papua Barat memiliki 3 petahana yang merupakan kekuatan partai dan memiliki basis massa yang terawat dengan baik yakni, Matius Menteng ( dapil 1), Robert Manibuy ( dapil 3), Saleh Siknum ( dapil 4).

“Apapun mekanisme yang nanti akan digunakan, baik sistem terbuka atau tertutup kami dan kader-kader kami siap” tegasnya.

Disinggung soal bacaleg yang berstatus mantan narapidana, Saleh Siknun mengakui bahwa, DPD PDI-P Papua Barat memiliki 1 Bacaleg dengan latar belakang tersebut, namun yang bersangkutan telah memenuhi semua persyaratan dan telah melalui proses.

Baca Juga :   Pererat Sinergitas, TNI-Polri Gelar Jumat Curhat dan Sholat Berjamaah

“Sesuai dengan aturan diperbolehkan. Ada 1 calon. Intinya selama ruang itu dibuka, kami jalan sesuai aturan dan bacaleg kami sudah melalui semua tahapan persyaratan, kita menghargai apapun keputusan yang diberikan kepada pemerintah” tandasnya.  (Red/*)

 

Pos terkait