BWS Papua Barat Audience Bersama Bupati Manokwari Bahas Sejumlah Program Prioritas

  • Whatsapp

MANOKWARI- Kementrian Perkerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Wilayah Sungai Papua Barat berkomitmen untuk mendukung program prioritas dipapua Barat secara khusus di kabupaten Manokwari di tahun 2021 ini.

Komitmen tersebut diungkapkan, Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Papua Barat, Alexander Leda saat melakukan audience bersama Bupati Manokwari, Hermus Indou, di ruang kerja Bupati Manokwari, Jumat (11/6/2021).

Alexander mengungkapkan sejumlah dukungan program prioritas yang disepakati yakni kegiatan dan penyedian air baku, pengendalian banjir dan pengaman pantai juga optimalisasi pengembangan daerah irigasi seperti daerah Aimasi, Oransbari, dan daerah irigasi Wariori.

Alexander menyampaikan bahwa BWS dengan ketersediaan anggaran yang ada akan terus berupaya mendukung program-program yang akan dilakukan oleh pemerintah kabupaten Manokwari.

“Karena memang kita lihat Pak Bupati dan jajaran cukup komunikatif dan punya keinginan berkoordinasi dan kita akan mendukung semua program beliau,” ujarnya.

Alexander menjelaskan, erkait pengendalian banjir di Kabupaten Manokwari, untuk tahun 2021 pihaknya akan mengerjakan program pengendalian banjir di Sungai Wariori karena pada tahun lalu pihaknya telah melaksanakan program itu di Sungai Warmare.

“Tahun ini Sungai Wariori, kemudian untuk pengaman pantai tahun depan kita akan programkan di beberapa segmen pantai di Pantai Maruni dan beberapa segmen pantai yang ada di sana. Sedangkan untuk air baku Manokwari kita akan berupaya agar tahun ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat di Manokwari” kata Alexander.

Sementara Bupati Manokwari, Hermus Indou, menyampaikan, terima kasih dan apresiasi untuk Kementerian PUPR khususnya BWS Papua Barat yang telah bertemu dan berdiskusi terkait sejumlah program strategis dalam kaitan dengan kerja sama dengan pemerintah dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Manokwari.

Program-program strategi itu, antara lain mengenai penyediaan air baku atau air bersih bagi masyarakat Kabupaten Manokwari dimana air dari Kali Maruni saat ini dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat Manokwari.

“Kita ingin mengoptimalkan pelayanan air bersih di Manokwari dengan tidak hanya dari Kali Maruni tapi juga beberapa mata air lagi kita ingin optimalkan pelayanannya dengan membangun enam klaster pelayanan air bersih,” terang Bupati.

Bupati berharap antara Pemda Manokwari dan BWS Papua Barat akan terus berupaya bersama-sama agar program tersebut bisa teralisasi untuk melayani masyarakat Manokwari.

Sementara , terkait pembangunan irigasi dilaksanakan untuk mendukung pengembangan pertanian di daerah Warpramasi, baik saluran primer, tersier, maupun sekunder.

“Selama ini Balai Sungai sudah membantu untuk menyediakan itu dan beberapa segmen nanti akan kita siapkan aspirasinya dan akan kita sampaikan lagi untuk bisa didukung oleh Balai Sungai,”harap bupati.

Sedangkan terkait pengendalian banjir di Kabupaten Manokwari dengan melakukan normalisasi sungai atau kali di beberapa sungai atau kali yang ada, khususnya di daerah Warpramasi berharap ke depan program pengendalian banjir oleh BWS Papua Barat melalui normalisasi kali atau sungai dilanjutkan.

Dan terkait pengaman pantai di kawasan pantai khususnya yang saat ini rawan dibeberapa titik di Kabupaten Manokwari termasuk di Pantai Maruni akan diusulkan untuk mendapatkan bantuan dari BWS Papua Barat dengan metode konstruksi yang baru guna terhindar dari abrasi disepanjang jalan yang menghubungkan Manokwari-Maruni

“Jadi Keempat program itu menjadi prioritas, termasuk program penataan kawasan pantai dan teluk di Kabupaten Manokwari khususnya teluk dan pantai Wosi. Ini juga kita usulkan untuk mendapatkan prioritaskan dari Balai Wilayah Sungai,” harap bupati

Turut hadir dalam Audience tersebut, Kapala Balai Wilayah Sungai Papua Barat di dampangi Kepala Satker PJSA, PPK Air Tanah dan Air Baku I, PPK Irigasi dan Rawa I, PPK Irigasi dan Rawa II, bupati Manokwari , asisten l dan pimpinan OPD Teknis. (Red)

Pos terkait