Bupati Torut Buka Workshop Sekolah Model

  • Whatsapp

Toraja Utara-kabartimur.com-Nilai Pendidikan disuatu
wilayah sangat ditentukan dengan standar mutu pendidikan yang berlaku dan terintegrasi dalam suatu sistem pendidikan yang ditetapkan serta dijalankan oleh penyelenggara pendidikan dan satuan pendidikan.. Sistem pendidikan secara komperensif akan memberi suatu pengaruh yang besar terhadap pengelolaan dan juga output dari pendidikan itu sendiri, diantaranya dalam kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, pembiayaan pendidikan, penilaian pendidikan dan lain-lain sebagainya,  tidak hanya dalam kuantitas melainkan juga kualitas. Dengan adanya rumusan Standar Pendidikan Nasional dapat menjadi pedoman dan jaminan mutu dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa serta membentuk karakter serta martabat bangsa.

Di Kabupaten Toraja Utara, yang baru berusia 8 tahun, mutu pendidikannya berdasarkan rIis Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Sulawesi Selatan berada pada rangking 14 dari 24 kabupaten yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan. Kondisi ini merupakan hal yang memprihatinkan, di mana jika kita kembali melihat ke belakang Toraja yang saat itu masih satu kabupaten Tana Toraja memiliki prestasi pendidikan terbaik di Sulawesi Selatan. Hal ini disampaikan Oleh Bupati Toraja Utara, Dr. Kaltiku Paembonan, M.Si dalam sambutannya pada pembukaan Kegiatan Workshop Sekolah Model Dalam Sistem Penjamin Mutu Pendidikan Di Kabupaten Toraja Utara yang dilaksanakan atas kerjasama Pemkab Toraja Utara dan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Sulawesi Selatan.  Untuk mengembalikan marwah Pendidikan Toraja Utara yang berkualitas tinggi dan menjadikan Kabupaten Toraja Utara sebagai Kabupaten Pendidikan. Pemerintah Kabupaten Toraja Utara sudah berkomitmen mengalokasikan dana 20% dari APBD untuk sektor pendidikan pada tahun 2017 dan hal tersebut belum termasuk gaji/ atau honor tenaga pendidik. Pengalokasian akan menjadi hal yang pertama dilakukan oleh Pemkab Toraja Utara sejak terbentuknya.  Dalam akhir sambutannya Bupati Toraja Utara mengucapkan rasa syukur dan terima kasihnya kepada semua pihak yang peduli terhadap mutu pendidikan di Kabupaten Toraja Utara, juga khususnya kepada Pihak LPMP Provinsi Sulawesi Selatan yang ikut berperan aktif dalam peningkatan mutu pendidikan di kabupaten ini.

Kegiatan Workshop diadakan di Ruang Meeting SMKN I Tallunglipu dan sedianya akan berlangsung dari tanggal 19 sampai dengan 22 September 2016 ini dihadiri juga oleh Kepala Dinas Pendidikan Kab. Toraja Utara, Drs. Kalvin Tandiarrang, SE, M.Si. Adapun peserta workshop kali ini diikuti kurang lebih 90 peserta yaitu Para Kepala Sekolah, Pengawas, Guru dan Komite Sekolah pendidikan dasar dan menengah di Kabupaten Toraja Utara.(John Brahman).