Pemda Torut dan Kodim Lakukan Penanaman Padi Serempak

  • Whatsapp

Dalam rangka menyukseskan Program UPAYA KHUSUS (UPSUS) 2016, Pemerintah Kabupaten Toraja Utara bekerja sama dengan Kodim 1414 Tana Toraja melakukan gerakan tanam serempak untuk musim tanam bulan Agustus sampai dengan September 2016 yang dilaksanakan di Kelurahan Palawa Kecamatan Sesean Kabupaten Toraja Utara .

Dandim 1414 Tana Toraja, Letkol. Cpn. Jimmy Sirait, dalam sambutannya kepada Bupati Toraja Utara dan peserta yang hadir menyampaikan bahwa kegiatan gerakan tanam serempak ini dilakukan juga secara serempak diseluruh Indonesia dengan melibatkan seluruh jajaran Kodim yang ada di Indonesia, dan untuk Toraja Utara sendiri, kegiatan ini juga menjadi pendukung kegiatan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan yaitu Puncak UPSUS penanaman padi serempat Tanggal 27 September 2016. Lebih lanjut Dandim 1414 juga melaporkan sekaligus memberikan apresisasi yang tinggi kepada Kelompok Tani Sanglonga, Kelurahan Palawa, sebab penanaman ini sudah kali penanaman ke-3 atau IP300 yang diberhasil dilaksanakan oleh Kelompok Tani Sanglonga. Keberhasilan ini, lanjutnya merupakan upaya dan kerja keras bersama-sama Kelompok Tani, Dinas Pertanian, Penyuluh Pertanian dan Koramil. Selanjutnya Dandim 1414 juga melaporkan kepada Bapak Bupati Toraja Utara target-target pencapaian dari Program UPSUS gerakan tanam serempak di Toraja Utara, target pertama yaitu April sd September dimana penanaman serempak sudah mencapai 15.000 hektar, sedangkan capaian target yang kedua Agustus dan September sebesar 7200 Hektar, target yang perlu dicapai saat ini tersisa 1000 hektar sampai dengan akhir September ini. Bapak Dandim juga mengucapkan terima kasih atas segala partisipasi para Penyuluh Pertanian yang sudah menyumbangkan waktu, pengetahuan dan tenaganya membantu kelompok Tani untuk menyukseskan Program UPSUS ini.
Sementara itu, Bupati Toraja Utara, Dr. Kalatiku Paembonan, M.Si yang berkesempatan memberikan kata sambutannya, merasa sangat gembira atas terlaksananya Gerakan Tanam Serempak di Kabupaten Toraja Utara. Menurut Bapak Bupati, Gerakan Tanam Serempak ini adalah sangatlah penting untuk meningkatkan produksi komoditas pangan, khususnya padi, setidaknya dalam memenuhi kebutuhan sendiri, meskipun Kabupaten Toraja Utara sendiri tidak termasuk dalam kawasanan komoditas pangan Padi. Pemerintah Kabupaten Toraja Utara sendiri berkomitmen akan mendukung segala upaya untuk meningkatkan produksi pertanian, termasuk dengan menyediakan mobilisasi/alat-alat produksi pertanian. Dengan Gerakan ini, Bupati Toraja Utara berharap agar semua kelompok tani yang ada di Kabupaten Toraja Utara dapat kembali bergairah dalam mengelola dan meningkatkan sektor pertanian, dan Pemerintah Kabupaten Toraja Utara siap mendukung upaya-upaya tersebut sekaligus menegaskan harapannya agar kerjasama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara dengan Kodim 1414 Tana Toraja kedepannnya dapat tetap berjalan dan terjalin lebih intens lagi.

Setelah, menyampaikan kata sambutannya, Bupati Toraja Utara dan Dandim 1414 Tana Toraja turun langsung ke areal persawahan yang telah disiapkan untuk melakukan penanaman bibit secara simbolis sebagai tanda dimulainya Gerakan Tanam Serempak periode tanam Bulan Agustus sampai dengan September di persawahan sekitar lokasi kegiatan Kelurahan Palawa, Kecamatan Sesean Jalan Poros Sa’dan KM 6.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala SATPOL PP Toraja Utara, Sekretaris Dinas Pertanian, Camat Sesean, Lurah Palawa, Danramil beserta jajarannya dan juga para penyuluh pertanian dari Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Toraja Utara.