Buli Kabupaten Haltim Masuk Daftar Proyek Strategis Nasional

HALTIM,Kabartimur.Com – Pemerintah Pusat menetapakan Buli Kabupaten Halmahera Timur (Haltim)Provinsi Maluku Utara (Malut) sebagai daftar Proyek Strategis Nasional (PSN).

Sekretaris Daerah (Sekda) Halmahera Timur, Ricky Chairul Richfat mengatakan, Kabupaten Halmahera Timur melalui Kawasan Industri Buli masuk kembali dalam PSN melalui Peraturan Menteri Koordinator Perekonomian No 9 Tahun 2022 tentang perubahan Peraturan Menteri Koordinator Perekonomian No 7 Tahun 2021 tentang Daftar Proyek Strategis Nasional (PSN).

“Tahun ini Buli melalui kawasan industri kembali masuk daftar PSN tahun 2022 sebagaimana Peraturan Menkoperekonomian no 9 tahun 2022,” kata Ricky, Sabtu kemarin (30/07/2022).

Mantan Kepala BP4D ini menjelaskan, sebagaimana daftar PSN itu bahwa pembangunan fasilitas pengolahan dan pemurnian komoditas nikel terintegrasi dengan penambangan serta kawasan industri dalam rangka pengembangan EV Battery Nasional PT Aneka Tambang Group, PT Industri Baterai Indonesia serta mitranya di Halmahera Timur.

Baca Juga :   Sejumlah Oknum Diduga Melakukan Penyerobotan Lahan PT Adhita Nikel Indonesia

“Harapannya semoga dengan Buli masuk daftar PSN ini dapat memberikan dampak positif terutama perekonomian di Halmahera Timur bisa lebih berkembang,” harapnya.

Terpisah, Bupati Halmahera Timur Drs Ubaid Yakub MPA berharap, adanya Kawasan Industri Buli masuk daftar PSN ini diharapkan dapat membuat perekonomian dan pembangunan di Kabupaten Halmahera Timur lebih maju.

“Juga diharapkan Halmahera Timur bisa bersinergi dengan program kegiatan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBN) sehingga Haltim dapat mengejar ketertinggalan dari sisi infrastruktur dan pelayanan dasar,” tandas Ubaid dengan nada berharap. (Red/Ruslan)

Pos terkait