BLT Dana Desa untuk Covid-19, 111 KK di Wondiboi Terima 600 Ribu Selama 3 Bulan

  • Whatsapp

WASIOR – Penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) dari Dana Desa untuk warga terdampak Covid-19 di Kabupaten Teluk Wondama mulai dilakukan, Selasa.
Sebanyak 111 kepala keluarga di Kampung Wondiboi, Distrik Wondiboi menjadi yang pertama menerima BLT sebesar 600 ribu perbulan itu.

Penyaluran perdana BLT Dana Desa disaksikan langsung Bupati Bernadus Imburi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Hendrik Rico Tetelepta dan Kepala Distrik Wondiboi Aleksandra Mambor.

BLT Dana Desa sendiri akan diberikan selama tiga bulan terhitung mulai April 2020 sehingga total dana yang diterima setiap KK adalah 1,8 juta.

“Hari ini disalurkan dulu untuk bulan April dan untuk bulan Mei dan Juni akan diterima lewat rekening, “ kata Plt Kepala Kampung Wondiboi Yusuf Rumbobiar.
Tetelepta menjelaskan, penerima BLT Dana Desa adalah warga terdampak Covid-19 yang bukan sebagai penerima PKH maupun BPNT/sembako dari Kementerian Sosial terutama bagi mereka yang kehilangan pekerjaaan.

Penyaluran BLT Dana Desa sendiri menggunakan metode tunai dan non tunai. Menurut Tetelepta telah disepakati untuk wilayah kota Wasior dan sekitarnya yakni Distrik Wasior, Wondiboi dan Rasiei menggunakan sistim non tunai yakni ditransfer langsung ke rekening penerima.
Sementara untuk wilayah pedalaman dan kepulauan akan diberikan secara tunai langsung ke penerimanya.

“Jadi nanti diantar langsung ke masing-masing KK, diantar ke depan rumah, “ kata Tetelepta berharap dana yang diterima dipergunakan dengan baik untuk membantu kebutuhan keluarga.

Bupati berharap BLT dari APBN itu dimanfaatkan dengan baik untuk membantu kehidupan masyarakat yang sedang kesulitan akibat pandemi Covid-19. Dia juga mengingatkan warga agar patuh terhadap protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona.

“Jangan anggap biasa-biasa, ini kondisi yang luar biasa jadi jangan jalan kemana-mana sembarang. Ikuti anjuran pemerintah. Kita bersyukur Wondama belum ada yang positif. Kita jaga supaya jangan sampai ada diantara kita yang kena virus ini. Dan juga kita berdoa sungguh-sungguh kepada Tuhan supaya wabah ini cepat selesai, “ pesan Imburi.

Untuk diketahui selain BLT Dana Desa, Pemkab Wondama juga menyiapkan bantuan sosial tunai kepada warga terdampak Covid-19 dari APBD yang saat ini sedang dalam proses penyaluran.(Nday)

Pos terkait