Berlayar dari Surabaya Tanpa Rapid Test, Tiba di Wasior Satu ABK Kapal Kontainer Positif Corona

  • Whatsapp

WASIOR – Kasus anak buah kapal (ABK) terpapar virus corona atau Covid-19 kembali ditemukan di Wasior, Kabupaten Teluk Wondama Papua Barat.

Pada Selasa, 28 Juli 2020, satu orang ABK kapal kontainer PT.Temas yang sedang berlabuh di pelabuhan Wasior terkonfirmasi positif Covid-19.

Sebelumnya satu ABK Kapal Napan Wainami juga diketahui positif virus corona dan telah dinyatakan sembuh pada 27 Juli lalu.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Teluk Wondama dr.Yoce Kurniawan menuturkan, ABK tersebut awalnya menjalani rapid test pada Selasa pagi atau satu hari setelah kapal pembawa peti kemas itu buang jangkar di pelabuhan Wasior. Rapid test dilakukan terhadap seluruh crew kapal yang berjumlah 19 orang.

Langkah itu dilakukan lantaran semua crew kapal tol laut itu ternyata tidak melakukan rapid test sejak keluar dari pelabuhan Surabaya.

“Ini kami sangat sayangkan karena 19 ABK ini tidak melakukan rapid test di tempat asal mereka jalan dari Surabaya.Sehingga sesampainya di sini kita lakukan rapid di RS. Hasilnya satu reaktif dan 1 samar-samar sehingga kita nyatakan dua reaktif, “ ungkap dr.Yoce saat memberikan keterangan pers di kediaman dinas bupati di Manggurai, Selasa malam.

Selanjutnya dilakukan pemeriksaan swab menggunakan alat TCM (tes cepat molekular) di RSUD Teluk Wondama terhadap 2 orang yang reaktif rapid test itu. Hasilnya satu terkonfirmasi positif dan satu orang negatif.

“Jadi sesuai protokolnya kita inapkan di RS jadi saat ini ada 3 pasien yang kita rawat (termasuk 2 pasien positif yang didapatkan pada beberapa waktu sebelumnya), “ lanjut Yoce.

Dalam rangka pelacakan (tracing), Gustu Covid-19 Teluk Wondama berencana melakukan pemeriksaan swab terhadap seluruh ABK kapal Temas yang sebelumnya telah menjalani rapid test.

“Karena mereka satu kapal kita berencana untuk melakukan swab. Tapi karena keterbatasan cartridge, sehingga rencananya akan kami lakukan swab tapi kita kirim ke Manokwari untuk menunggu hasilnya, “ kata Direktur RSUD Teluk Wondama ini.

Dengan tambahan satu kasus positif dari ABK kapal Temas maka jumlah kasus positif Covid-19 yang terdeteksi di Teluk Wondama kini menjadi 11 orang. Sebanyak 8 diantaranya sudah dinyatakan sembuh.

“Kita masih koordinasi dengan Gustu Provinsi apakah ABK kapal Temas ini tercatat sebagai kasus positif di Teluk Wondama atau tidak, “ sebut dr.Yoce. (Nday)

Pos terkait