Asah Bakat Siswa, SMKN 7 Lutra Gelar Porseni Antar Kelas

LUWU UTARA, Kabartimur.com – Salah satu ajang sarana untuk mengasah bakat para siswa-siswi pasca usai pelaksanaan ulangan semester sekolah, Sekolah Menengah Keguruan (SMK) Negeri 7 Luwu Utara (Lutra), Sulawesi Selatan (Sulsel) yang berlokasi di Dusun Salukarondang Desa Dandang Kecamatan Sabbang Selatan menggelar Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) bagi siswa-siswi di lingkungan sekolah.

Kegiatan ini dilaksanakan usai melaksanakan ulangan semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022.Upacara pembukaan dimulai, Senin (5/12/2022) melalui barisan defile oleh masing-masing kelas, star di jalan poros area masuk hingga finis ke lapangan sekolah, dipimpin oleh Kepala UPT SMK Negeri 7 Lutra.

Kepala UPT SMKN 7 Luwu Utara, Aris, SP, M.Si, menyebut bahwa Pekan olahraga dan seni rutin dilaksanakan pasca ujian semester sebagai ajang untuk menyalurkan minat, bakat dan prestasi untuk dikembangkan dalam kegiatan-kegiatan yang lebih besar lagi kedepannya. Dan melalui pagelaran inilah bakat terpendam siswa dapat terlihat.

Baca Juga :   Cleaning Service Bank Papua Tewas Mengenaskan Tertimpa Troli

Porseni ini diikuti seluruh siswa-siswi kelas X hingga kelas XII, dan jenis perlombaan olahraga dan seni.

“Selain mengasah bakat, porseni ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mempererat hubungan antara siswa-siswi, baik senior maupun junior, serta guru dan para staf yang ada disekolah, sehingga siswa di sekolah SMKN 7 Lutra tidak merasa enggan dengan para dewan guru,” terang Aris.

Aris menambahkan tahun ini baru dilaksanakan kegiatan porseni, sebab dua tahun berlalu tidak terlaksana akibat pandemi Covid-19.
Lomba ini sesuai tema yang diangkat yaitu “Dengan Olahraga & Seni, Junjung Tinggi Solidaritas, Sportifitas dan Kreatifitas demi Meningkatkan Prestasi Siswa Dalam Bidang Seni & Olahraga.

Senada, Kepala Desa Dandang Haeruddin Jumain, S.Sos mengatakan, peningkatkan mutu pendidikan perlu adanya strategi yang tepat selain mutu pembelajaran, adapula salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh pengurus Osis yakni, pekan olahraga dan seni atau biasa disebut dengan Porseni.

Baca Juga :   Masyarakat Manokwari Diminta Dukung Aktivitas Pertambangan Ilegal Ditutup

“Kegiatan ini merupakan sebuah wadah dimana pihak sekolah dapat menyalurkan minat, bakat dan hobi khusunya bagi siswa. Dalam lingkup sekolah Porseni biasanya dilaksanakan setiap tahunnya setelah semester. Dimana kegiatan yang dilaksanakan adalah mencakup kegiatan olahraga dan seni,” sebutnya.

Lebih lanjut, Haeruddin mengutarakan bahwa, yang mendasari diadakannya Porseni yaitu untuk meningkatkan silaturahmi dan jiwa sportivitas para siswa. Pihaknya selaku Pemerintah Desa Dandang dan orang tua murid mensupport kegiatan yang dilaksanakan pihak kepala sekolah. Porseni ini jelas untuk menjalani hubungan baik siswa dan bagaimana silaturahmi tetap terjaga, serta mampu meningkatkan jiwa sprotivitas terutama dalam hal pertandingan.

“Kami selaku pemerintah sekaligus orang tua murid terus sinergi mendukung pihak sekolah menyelenggarakan kegiatan lomba seperti ini, agar siswa tidak menghabiskan waktunya diluar sana menghindari tindakan negatif,” pungkas Kepala Desa Dandang. (Red/Yustus)

Pos terkait