Amos Wellem Ayomi Pimpin PSMTI Wondama, Siap Lanjutkan Kontribusi Warga Tionghoa di Masa Lalu

WASIOR – Badan Pengurus Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kabupaten Teluk Wondama periode 2022-2026 resmi dilantik, Minggu, 16 April 2022 di Wasior.

Amos Wellem Ayomi menjabat sebagai Ketua PSMTI Teluk Wondama dengan Antonius Alex Marani selaku wakil ketua I dan Bram Darkim pada wakil ketua II.

Pelantikan dilakukan oleh Wakil Ketua PSMTI Pusat Modalki Sd.

Selaku ketua, Ayomi menyatakan PSMTI siap bermitra dengan pemerintah daerah serta elemen masyarakat lainnya dalam membangun Kabupaten Teluk Wondama.

Dia mengatakan PSMTI hadir untuk melanjutkan karya serta dedikasi yang telah dibuat para sesepuh warga keturunan Tionghoa di Wondama pada masa lalu.

“PSTMI dapat hadir di Wondama atas (keberadaan) warga-warga keturunan Tionghoa yang telah ada di Wondama sejak dulu kala. Sejak Wondama ini masih gelap orang tua kami sudah datang dan memberikan terang, “kata Ayomi.

Baca Juga :   Wondama Tambah 4 Kasus Covid-19 Baru, Dua Merupakan Petugas Medis, Total Jadi 74 Kasus

“Walaupun kabupaten ini sudah terang tapi jangan lupa kita semua ada sekarang ini karena kabupaten ini ada. Mari kita sama-sama bergandeng tangan untuk sama-sama dengan pemerintah bekerjasama untuk meningkatkan kepentingan rakyat terutama untuk ekonomi masyarakat kecil, “lanjut anggota DPRD Teluk Wondama itu.

Bupati Teluk Wondama Hendrik Mambor mengakui warga keturunan Tionghoa telah memberikan kontribusi besar bagi orang Wondama sejak jaman dulu terutama dalam bidang ekonomi.

“Sudah lama warga Tionghoa hadir di Wondama. Dulu walaupun transaksi ekonomi secara barter namun cukup memberikan dampak. Karena itu patut kita memberikan apresiasi dan rasa hormat kepada bapak ibu generasi sekarang. Di mana orang tua sudah merintis bagaimana ekonomi saat itu masih bisa jalan, “kata bupati.

Mambor berharap kehadiran PSMTI semakin memantapkan kontribusi warga keturunan Tionghoa bagi masyarakat terutama dalam sektor ekonomi.

Baca Juga :   Ulang Tahun ke-61, Bupati Dapat Kejutan dari Bawahan

“Kiranya keberadaan PSTMI di Wondama dapat menjalankan tugas dengan baik sehingga bisa bermanfaat tidak hanya terbatas pada PSMTI saja tetapi juga untuk seluruh masyarakat Teluk Wondama, “pesan orang nomor satu Wondama itu.

Sebelumnya, Koordinator PSMTI Tanah Papua Isak Montolalu mengatakan, pihaknya siap membangun kerjasama dengan semua pihak untuk bersama-sama membantu pemerintah menanggulangi permasalahan yang dihadapi masyarakat.

Dia menambahkan,  sebagai komunitas yang mengusung misi sosial budaya dan kemasyarakatan, PSMTI hadir untuk mendorong terwujudnya tatanan masyarakat yang harmonis, damai dan tenteram termasuk di Tanah Papua.

“Di dalam kebersamaan, mari kita sama-sama membangun kekuatan sosial untuk bisa berbuat sesuatu barangkali kecil tetapi jelas merupakan langkah-langkah kita sebagai mitra pemerintah untuk menanggulangi setiap kesulitan-kesulitan di tengah masyarakat, “kata Montolalu.

Turut hadir  dalam acara pelantikan pengurus PSMTI Kabupaten Teluk Wondama Wakil Bupati Andarias Kayukatuy, Dandim 1811/Peradaban Teluk Wondama Letkol Inf Saheri serta Sekda Denny Simbar. (Nday)

Baca Juga :   Hari Menanam Indonesia, Ratusan Pohon Ditanam Serentak di Hutan Kota Wasior

 

 

Pos terkait