Aksi Nyata Kodim 1801/BS Manokwari Bersihkan Terumbu Karang di Kawasan Pulau Mansinan dan Pulau Lemon

  • Whatsapp

MANOKWARI- Dalam rangka menyambut peringatan HUT RI ke 75 aksi simpatik para prajurit TNI membersihkan perairan bawah laut, yang menjadi kawasan wisata kebanggaan Manokwari, dari sampah non organik

Sekitar 70 personil Kodim 1801/BS Manokwari, Kodam XVIII Kasuari, turun menyelam membersihkan terumbu karang di Pulau Lemon,(15/8/2020).

Komandan Kodim 1801/BS Manokwari, Kolonel Arm. Airlangga menyampaikan bahwa Pembersihan yang dilakukan merupakan perwujudan program Ster Kodim 1801 /BS Manokwari dalam kegiatan pembinaan lingkungan.

Melalui kegiatan ini, diharapkan akan menambah gairah wisatawan untuk berkunjung dan menyelam di kawasan terumbu karang yang sudah menjadi ikon kota Manokwari dimana Ketenaran kawasan ini juga sudah mendunia, karena adanya situs peradaban yang terkenal umat Kristiani yakni pulau Mansinam.

Dandim yang baru bertugas belum cukup 2 bulan di Manokwari ini berharap bahwa dengan adanya peran nyata jajarannya tersebut dapat mendorong ekonomi masyarakat di kedua Pulau tersebut bergerak semakin dinamis.

“Dengan meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan ke kawasan wisata bahari kebanggaan Manokwari ini, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat” harap perwira menengah yang juga pernah bertugas sebagai Atase Pertahanan di Paris ini.

Kegiatan pembersihan terumbu karang itu juga melibatkan anggota Diving Club Manokwari. Didukung oleh 10 perahu nelayan yang dihias bendera merah putih, sehingga menambah semarak suasana di perairan kedua Pulau tersebut dimana Kesepuluh perahu tersebut bertugas mengangkut sampah non organik yang telah diangkat dari perairan bawah laut dikawasan itu.

Sementara itu, Kepala kampung Pulau lemon, Yohanes Mofu menyambut baik dan sangat mendukung kegiatan pembersihan terumbu karang yang diusung oleh jajaran Kodim 1801/BS Manokwari. Pihaknyapun mengerahkan masyarakatnya turut membantu para prajurit membawa dan menurunkan sampah di pesisir Pulau Lemon.

“Masyarakat kami di Pulau Lemon, sangat bergembira atas perhatian nyata dari seluruh jajaran Kodim Manokwari. Kami berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut. Sehingga kawasan ini dapat dikembangkan menjadi sentra ekonomi yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat” kata Mofu.(R/*)

Pos terkait