95 Persen Penduduk Papua Barat Telah Mendaftar Ke BPJS Kesehatan

  • Whatsapp

KABARTIMUR.COM. MANOKWARI — Lebih dari 95 persen Penduduk Papua Barat telah mendaftar ke badan penyelenggara jaminan sosial (BPJS) kesehatan, meski begitu masih ada badan usaha yang belum mendaftarkan karyawannya ke BPJS Kesehatan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sorong, Ivan Ravian menyebutkan, dalam sistim JKN, Provinsi Papua Barat sudah dikatakan UHC atau sudah tercapainya Universal Health Coverage, yang artinya lebih dari 95 persen penduduk papua barat sudah didaftarkan pada BPJS Kesehatan. Dimana dalam pelaksanaannya, ada peserta yang sudah mendaftar mandiri, melalui perusahan masing-masing dan ada juga yang didaftarkan oleh pemerintah daerah.

Bacaan Lainnya

Meski begitu diakui Ivan, masih terdapat kendala yang ditemui dilapangan, seperti masih ada badan usaha yang belum mendaftarkan karyawannya ke BPJS kesehatan, dan ada juga perusahan yang sampai saat ini telat dalam membayar iuran mereka.

Sementara itu, BPJS Kesehatan mencatat, hingga awal tahun 2020, sekitar 2 Ribu perusahan yang tersebar disetiap kabupaten kota di Papua Barat telah mendaftar ke BPJS Kesehatan.(QS)

Pos terkait