9,2 Miliar Dana Desa di Wondama untuk BLT, Penerima 2.581 KPM

WASIOR – Sebanyak 2.581 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) di Kabupaten Teluk Wondama terdaftar sebagai penerima bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa tahun 2021.

Penerima BLT tersebar pada 75 kampung/desa di kabupaten berjuluk Tanah Peradaban Orang Papua itu. Adapun besar anggaran yang dialokasikan untuk BLT adalah Rp9,291 miliar atau mencapai 12 persen dari total Dana Desa tahun 2021 untuk Kabupaten Teluk Wondama yakni sebesar 74,614 miliar.

Koordinator Tenaga Pendamping Desa Kemendes PDTT Kabupaten Teluk Wondama Benediktus Sabubun mengungkapkan hingga akhir Juli 2021 sebanyak 74 dari 75 kampung di Wondama telah menyalurkan BLT Dana Desa tahap I yang meliputi periode Januari-Maret.

“Sampai 28 Juli itu sudah disalurkan sebesar 3,6 miliar atau sebesar 39 persen,”jelas Sabubun pada rakor virtual penyelenggaraan pemerintahan tingkat kampung, distrik dan kabupaten, belum lama ini.

Baca Juga :   Dapat Sambutan Meriah Warga, Caleg Gerindra Remran Sinadia Janjikan Perhatian Khusus untuk Distrik Roswar

Menurut Sabubun, penerima BLT Dana Desa adalah warga yang tidak termasuk dalam penerima bantuan sosial di masa pandemi Covid-19 baik dari APBN maupun APBD.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Hendrik Tetelepta dalam kesempatan terpisah mengungkapkan permohonan pencairan untuk BLT Dana Desa tahap berikutnya.

“Untuk tahap berikut, kami sudah ajukan permohonan ke pusat jadi mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah bisa dananya masuk ke rekening kampung, “jelas Tetelepta pada acara penyerahan BLT Dana Desa di Kampung Iriati, Distrik Wasior beberapa waktu lalu. (Nday)

Pos terkait