76 PKD Pemilu 2024 di Wondama Dilantik, Ketua Bawaslu : Kalian Garda Terdepan Menjaga Keadilan Pemilu

WASIOR – Sebanyak 76 petugas pengawas pemilihan umum tingkat Kelurahan dan Desa/Kampung (PKD) untuk Pileg dan Pilpres juga Pilkada tahun 2024 di Kabupaten Teluk Wondama resmi dilantik, Selasa (7/2/2023) di Wasior.

Ketua Bawaslu Teluk Wondama Menahen Sabarofek menegaskan PKD merupakan ujung tombak dalam menjaga dan menegakkan keadilan Pemilu Serentak 2024.

“Saudara-saudara ini adalah garda terdepan dalam menjaga keadilan pemilu pada Pemilihan dan pelaksanaan Pilkada tahun 2024. Jadi saya mau katakan bahwa saudara-saudara adalah orang hebat, orang terpilih yang masuk dalam jajaran barisan pengawas pemilu, “ucap Sabarofek.

Dia minta petugas PKD di 75 kampung/desa dan 1 kelurahan di Teluk Wondama terus memperkuat pemahaman terkait tugas dan fungsi PKD juga hal-hal lain seputar pemilu sehingga mereka mampu menjalankan perannya sebagai pengawas Pemilu dengan baik dan benar.

Baca Juga :   Hari Lingkungan Hidup Sedunia, DLHP Manokwari Bersama KPTH-PB Programkan Festival Tanaman Hias

“Saudara-saudara akan kembali ke kampung sehingga harus bisa menyesuaikan diri. Saudara-saudara harus kenal rekan penyelenggara suadara yaitu PPS yang menjadi mitra kerja dan menjadi objek pengawasan saudara, ”

“Banyak baca regulasi dan aturan tentang kepemiluan dan banyak diskusi dengan penyelenggara lainnya, “pesan Sabarofek.

Sementara itu Wakil Bupati Teluk Wondama Andarias Kayukatuy yang ikut hadir dalam kesempatan itu mengingatkan bahwa masa kerja PKD relatif panjang karena berlangsung hingga pelaksanaan Pilkada 2024.

Karena itu diperlukan kesiapan diri secara baik terutama pengetahuan dan pemahaman terkait aturan main dalam Pemilu juga bagian-bagian yang menjadi objek pengawasan PKD.

“Tugas anda panjang karena sampai pada Pilkada 2024. Sehingga perlu membaca dengan baik semua aturan yang ada. Jangan tahu sepotong-sepotong terus terjemahkan sendiri, “pesan Andi. (Nday)

Pos terkait