51 Kampung Persiapan Dipimpin Penjabat dari ASN, Mambor : Hanya Sementara

WASIOR – Bupati Teluk Wondama Hendrik Mambor, Rabu (8/12) menyerahkan SK Penjabat (Pj) Kepala Kampung bagi 51 kampung atau desa persiapan.

Penyerahan SK itu menandai dimulainya aktivitas pemerintahan pada 51 calon kampung/desa baru di Teluk Wondama.

Bupati menekankan Pj Kepala Kampung yang berasal dari kalangan ASN hanya bersifat sementara. Mereka merupakan pegawai yang diberi  mandat oleh kepala daerah untuk mempersiapkan kampung persiapan hingga menjadi kampung definitif.

“Ini ASN yang merupakan staf dari bupati yang ditunjuk untuk mempersiapkan desa persiapan itu bagus dulu baru kita serahkan kepada kepala desa yang akan terpilih, “ ujar bupati dalam sambutannya usai menyerakan SK Pj Kepala Kampung Persiapan di aula Dinas Pendidikan di Isei.

Meski baru  kampung persiapan, Mambor minta semua Pj Kepala Kampung bekerja dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab.

Baca Juga :   Pemkab Wondama Siapkan Lahan 1 Hektar untuk Tempat Pemakaman Khusus Covid-19

Terutama untuk memastikan kampung persiapan yang dipimpinnya bisa dinyatakan layak dan memenuhi syarat untuk menjadi kampung definitif.

“Bapak ibu adalah perintis. Binas masyarakat dengan baik. Ada masyarakat yang punya potensi, dorong dia untuk menjadi calon kepala kampung supaya dari kampung untuk kampung itu sendiri, “pesan Mambor yang dalam kesempatan itu didampingi Kepala Dinas PMK Hendrik Tetelepta.

 

Karena bersifat sementara, bupati juga mengharapkan penunjukkan Penjabat Kepala Kampung tidak menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Apalagi sampai memunculkan perseteruan bahkan konflik.

“Dinamika (suara-suara keberatan) yang ada ini bukan kita tidak tahu. Tapi kalau kita ikuti terus tidak jalan-jalan. Dan oleh karena dilakukan segera penerbitan SK dan dilakukan penyerahan untuk melakukan persiapan-persiapan, “ujar orang nomor satu Wondama.

Diketahui sesuai ketentuan perundang-undangan, dibutuhkan waktu sekurang-kurangnya 2 tahun bagi kampung persiapan untuk bisa dinyatakan layak menjadi kampung mandiri.

Baca Juga :   APBD Wondama 2022 Ditargetkan Naik Jadi 920 Miliar, Fokus Penanganan Kesehatan dan Pemulihan Ekonomi

Penilaian terhadap kampung persiapan dilakukan oleh tim dari Kemendagri bersama dengan Provinsi.

Adapun jumlah kampung di Kabupaten Teluk Wondama saat ini sebanyak 13 kampung.

Apabila ke-51 kampung persiapan dimaksud dinyatakan memenuhi syarat menjadi kampung definitif maka ke depan jumlah kampung di Wondama akan naik menjadi 64 kampung. (Nday)

Pos terkait