20 Legislator DPRD Teluk Wondama Orientasi di Manokwari

  • Whatsapp

WASIOR – Anggota DPRD Kabupaten Teluk Wondama Papua Barat periode 2019/2024 mengikuti orientasi dalam rangka pembekalan terkait tugas, fungsi serta wewenang DPRD sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah.

Dalam orientasi perdana ini, 20 anggota DPRD hasil Pileg 2019 itu diberikan pemahaman seputar empat pilar Kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Termasuk tentang wawasan kebangsaan.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Provinsi Papua Barat, Eduard Nunaki di salah satu hotel di Manokwari, Senin (22/10/2019).

“Tujuan orientasi ini adalah untuk meningkatkan semangat pengabdian kepada bangsa dan negara dan peningkatan pemahaman terhadap ideologi negara, konstitusi, semangat nasionalisme dan wawasan kebangsaan, “ kata Ketua DPRD Sementara, Herman Sawasemariai.

Selain tentang materi empat pilar kebangsaan dan wawasan kebangsaan, selama tiga hari para wakil rakyat itu juga akan mendapatkan materi tentang internalisasi pembangunan daerah dan pedoman keuangan daerah, hubungan DPRD dengan kepala daerah juga s isu-isu aktual kedaerahan.

Baca Juga :   Ratusan Pelari Meriahkan 'Pemilu Run' di Wasior

Menurut Eduard Nunaki, orientasi merupakan hal yang lazim dilakukan bagi para anggota DPRD baru untuk memberi pemahaman dasar seputar tugas dan fungsi pokok sebagai wakil rakyat.

“Ini merupakan pengantar yang membentuk karakter kita untuk memasuki masa tugas sebagai anggota DPRD untuk lima tahun ke depan, “ ucap mantan Asisten I Setda Kabupaten Teluk Wondama ini. (Nday)

Pos terkait