Wisuda 45 Siswa SMKKN Manokwari, Novia: Kepandaian Dan Kecerdasan Tidaklah Cukup

  • Whatsapp

MANOKWARI,-Sekolah Menengah Kejuruan
Kehutanan Negeri (SMKKN) kab.Manokwari melaksanakan wisuda angkatan IX Tahun 2019 sebanyak 45 Siswa, Kamis (09/05/2019).

Wisuda kali ini mengusung tema ” Rimbawan Muda Yang Berahlak, Profesional, Berwawasan Lingkungan, Serta Berdaya Saing Untuk Mendukung Perhutanan SosiaSosial”.

Kepala Sekolah SMKKN Manokwari, Neles Kapitarauw mengatakan SMK Kehutanan Manokwari bertujuan untuk menyiapkan tenaga kehutanan di tingkat menengah yang profesional, mandiri, berakhlak, mulia serta terbina sikap kedisiplinan dan tertanam jiwa korsa rimbawannya.

Neles melanjutkan, acara wisuda siswa-siswi SMKKN angkatan IX tahun 2019 di ikuti oleh 45 orang dengan tingkat kelulusan 100 persen. Terdiri dari 2 jurusan yaitu jurusan Produksi Hasil Hutan 25 orang dan jurusan Konservasi 20 orang.

Lulusan terbaik disematkan kepada
Mayang Sutri Abidin dari jurusan Teknik Produksi Hasil Hutan dengan nilai 81,88 dan Ivana Manuputi dari jurusan Teknik Konservasi Sumber Daya Alam dengan nilai 80,99.

Setelah tamat kusus untuk jurusan Produksi Hasil Hutan, akan di beri bekal ilmu Pengukuran dan Pengujian Kayu yang lebih mendalam dan akan di berikan Surat Ijin Mengukur (SIM).

Sementara itu, Kepala Pusat Pendidikan Latihan Sumber Daya Manusia Lingkungan Hidup Kehutanan, Novia Widyaningtyas,S.Hut,M.Sc dalam arahannya mengatakan peristiwa wisuda bukanlah akhir dari perjuangan dalam menuntut ilmu maupun pengembangan diri.

Namun sebagai langkah awal dari tahapan perjuangan selanjutnya menuju
jenjang yang lebih tinggi, baik di dunia kerja, karier, maupun menuntut ilmu di perguruan tinggi.

Novia juga mengingatkan bahwa pandai dan cerdas sangat baik sebagai dasar yang akan mengantar pada perjuangan untuk memasuki dunia kerja maupun melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.

Namun kepandaian dan kecerdasan tidaklah cukup, ada yang lebih penting yang harus diperhatikan, yakni berbudi luhur, memiliki disiplin yang tinggi, jujur, berintegritas di dalam lingkungan kerja maupun pergaulan di masyarakat.

“Kita harus sukses dalam membangun pergaulan di masyarakat, tanpa mengorbankan profesionalisme, dengan demikian anda akan di terima di masyarakat karena memiliki akhlak yang mulia serta profesionalisme yang tinggi”, kata Novi.

Novi mengharapkan para alumni SMK Kehutanan nantinya dapat memulai kegiatan wirausaha yang sesuai dengan bidang dan minat yang di tekuni.

” Manfaatkan seluruh peluang yang ada baik di BUMN, BUMS bidang kehutanan maupun bidang terkaitnya lainnya,” pesan Novi.(HD)

Pos terkait