107 Tahun Injil Masuk Rakwa, Bupati Mambor Ingin Situs Religi Dapat Perhatian Khusus

WASIOR – Bupati Teluk Wondama Hendrik Mambor menyatakan akan memperhatikan situs-situs rohani yang berkaitan dengan sejarah Pekabaran Injil di Kabupaten Teluk Wondama. Salah satunya adalah situs Pekabaran Injil di Rakwa, Kampung Rado Distrik Wasior.

Bupati menyampaikan itu saat menghadiri ibadah syukur peringatan Injil masuk di tanah Rakwa ke 107 tahun di kampung Rado, Selasa (18/5/2021).

“Oleh karena itu di 107 tahun Injil masuk ini kiranya menjadi berkat untuk kita semua bukan cuma tanah Rakwa tetapi dari tanah Rakwa terus tumbuh dan berkembang sampai ke seluruh wilayah Teluk Wondama. Dan hal lain terkait Rakwa (situs rohani) saya sudah sampaikan ke pak Distrik nanti kita akan bicarakan,” kata Mambor.

Dalam kesempatan itu, Mambor yang hadir didamping sang istri dan sejumlah kepala OPD memberikan sumbangan berupa uang bagi panitia pelaksana.

Baca Juga :   Idul Adha 1445 H : Pemkab Wondama Sumbang 8 Ekor Hewan Kurban, Total 40 Ekor

Ibadah syukur peringatan 107 tahun masuknya Injil di Rakwa  mengusung tema ‘Tetapkan Hatimu dan Berjalan dengan Iman’.

Ibadah yang dipimpin Ketua Klasis GKI Wondama Pendeta Rosalie Wamafma dilakukan di pinggir pantai yang menjadi  tempat  berlabuhnya perahu  yang membawa para Penginjil tiba di Rakwa pada tahun 1914.

Dikisahkan bahwa Injil yang diberitakan pertama kali di Rakwa pada 1914 telah berhasil melunakan kekerasan hati orang-orang pribumi setempat  yang pada masa itu masih belum mengenal Tuhan.

Hadirnya Injil tidak hanya merubah pola hidup  tetapi melahirkan cara pandang baru bagi orang Rakwa melalui iman akan Yesus Kristus.

Terang Injil pulalah yang akhirnya membuat orang Rakwa dan orang Wondama secara keseluruhan mengenal peradaban baru dengan  tahu menulis membaca dan berhitung.

“Hari ini adalah hari yang mempersatukan kita dari segala suku bangsa, ras dan adat istiadat yang berbeda. Sebab di dalam Injil ada didikan, ada persatuan, kasih, suka cita, pesaudaraan dan damai,” demikian petikan Selayang pandang Rakwa yang dibacakan di awal ibadah. (Nday)

Baca Juga :   STQH Tingkat Provinsi Maluku Utara Ke XXVII di Haltim Telah Dibuka Resmi

Pos terkait