1 Desember Jadi Hari Persatuan Masyarakat Wondama dalam Bingkai NKRI, Merah Putih Raksasa Merekah di Pantai Kampung Torey

  • Whatsapp

WASIOR – Pemkab Teluk Wondama menetapkan 1 Desember sebagai Hari Persatuan Masyarakat Teluk Wondama dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Penetapan Hari Persatuan Masyarakat Teluk Wondama dalam Bingkai NKRI ditandai dengan Kirab Merah Putih secara meriah dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat Wondama. Juga dilakukan pengucapan ikrar kesetiaan kepada NKRI.

Kirab Merah Putih diawali dengan konvoi bendera merah putih keliling kota Wasior, Wondiboi dan Rasiei. Konvoi yang melibatkan puluhan kendaraan roda dua dan roda empat dimulai dari Mapolres Teluk Wondama di Isui dan diakhiri pembentangan bendera Merah Putih raksasa dengan ukuran 18 x 8 meter di pantai wisata Kampung Torey, Distrik Rasiei.

 

Di hadapan Merah Putih raksasa itu, para tokoh adat dan tokoh masyarakat serta pejabat daerah mengucapkan ikrar setia kepada NKRI. Ikrar diucapkan dalam bahasa daerah Wondama dengan kalimat awal ‘Raimu Wondama, Kakopa Buai, Syen Sanepai. Artinya ‘Atas Rahmat Tuhan untuk Wondama, Tanah Peradaban yang Terberkati’.

Ikrar  itu menegaskan janji masyarakat Teluk Wondama untuk setia menjaga tanah peradaban orang Papua di bawah NKRI. Juga siap bersinergi dengan Pemda, TNI/Polri dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat dengan mengedepankan keselamatan masyarakat sebagai hukum tertinggi.

Kegiatan yang diinisasi oleh Polres Teluk Wondama bekerja sama dengan BKO Kodim Persiapan dan Gerakan Merah Putih Teluk Wondama dibuka oleh Wakil Bupati Andarias Kayukatuy.

Hadir dalam acara itu Kapolres AKBP Yohanes Agustiandaru, Komandan BKO Kodim Persiapan Mayor Edison Yepese, Ketua LMA Adrian Worengga dan Ketua Barisan Merah Putih Teluk Wondama Moses Ramar.

Ikut hadir Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Simson Samberi, Ketua LMA Nusantara Alex Waprak, Kepala Distrik Wasior Anthonius Alex Marani, Kepala Distrik Wondiboi Aleksandra Mambor dan Daniel Sawesemarai dari DPRD Teluk Wondama.

Sebagai tanda cinta lingkungan, dalam kesempatan itu, para tokoh dan masyarakat yang hadir juga melakukan penanaman pohon di sepanjang pantai wisata Kampung Torey. (Nday)

 

Pos terkait