Wondama Semakin Merah, Tukang Masak Perusahaan Kayu di Naikere Positif Corona

  • Whatsapp

WASIOR – Angka positif virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Teluk Wondama Papua Barat terus meningkat. Per 30 Juli 2020, terdapat tambahan satu kasus baru yakni seorang perempuan berusia 46 tahun.

Yang bersangkutan merupakan karyawan perusahaan kayu (IUPHHK) yang beroperasi di wilayah Distrik Naikere. Wanita itu sehari-harinya bekerja sebagai tukang masak.

Penemuan kasus baru itu merupakan hasil pelacakan (tracing) terhadap kontak erat dari dua kasus positif sebelumnya yang diketahui selama sebulan bekerja menjadi tukang ukur kayu (grader log) pada perusahaan tersebut.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Teluk Wondama dr.Yoce Kurniawan dalam jumpa pers, Kamis malam menjelaskan, sebanyak 88 orang karyawan dan pekerja perusahaan itu telah menjalani rapid test pada 29 Juli dengan hasil 3 orang reaktif dan sisanya non reaktif.

Untuk tiga orang yang reaktif dilanjutkan dengan pemeriksaan swab menggunakan TCM (tes cepat molekular) di RSUD Teluk Wondama pada 30 Juli dan hasilnya 1 positif sedangkan dua yang lain negatif Covid-19.

“Yang positif itu wanita, 46 tahun dia adalah tenaga memasak di perusahaan di mana 2 orang sebelumnya dinyatakan positif. Sehingga per hari ini (30 Juli), jumlah kasus positif menjadi 12 dengan 8 sudah dinyatakan sembuh, “ ujar dr.Yoce.

Sebagai tindak lanjut dari kasus positif yang baru itu, sesuai permintaan pihak perusahaan, sebanyak 83 karyawan yang hasil rapid test-nya negatif akan dilakukan pemeriksaan swab untuk memastikan ada tidaknya virus corona dalam tubuh mereka. Pasalnya dengan penemuan kasus positif baru tersebut sudah dipastikan telah terjadi transmisi lokal virus corona di lingkungan perusahaan itu.

Namun demikian menurut dr Yoce, karena keterbatasan stok cartridge untuk TCM yang dimiliki RSUD Teluk Wondama, maka sampel swab dari karyawan perusahaan akan dikirim ke RS Provinsi Papua Barat di Manokwari untuk diperiksa di sana.

“Jadi dalam waktu dekat kami akan ambil swab 83 kontak erat dari 2 orang positif beberapa hari lalu untuk kita kirim ke Manokwari, “ ujar Direktur RSUD Teluk Wondama ini.

Tambahan 1 kasus positif baru menjadikan jumlah kasus konfirmasi positif virus corona di Teluk Wondama menjadi 12 kasus dimana 8 orang telah sembuh dan 4 orang masih menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Teluk Wondama di Manggurai. (Nday)

Pos terkait