Wondama Punya Tiga Kapal Penumpang Jenis Bus Roro dan Bus Air, Konektivitas Antar Wilayah Semakin Mudah

WASIOR – Bupati Teluk Wondama Hendrik Mambor bersama Wakil Bupati Andarias Kayukatuy, Sabtu, 1 April 2023 meresmikan tiga unit kapal penumpang milik Pemda.

Kapal penumpang  jenis bus roro (roll on-roll off) dan bus air diadakan khusus untuk melayani transportasi antar pulau dan antar distrik/kecamatan di Teluk Wondama.

Mayoritas penduduk di kabupaten berjuluk Tanah Peradaban Orang Papua itu memang bermukim di kawasan pesisir dan kepulauan.

Peresmian kapal yang diberi nama KMP Aitumeri I, Aitumeiri II dan Aitumeiri III dilakukan dengan prosesi adat di dermaga Yembikiri, Distrik Rumberpon.

“Kita membutuhkan fasilitas dan sarana prasarana untuk konektivitas antar pulau sehingga aktivitas masyarakat dan segala hasil produksi masyarakat boleh sampai ke kota karena nanti kita akan koneksikan dengan ASDP, kapal yang ada sekarang untuk keluar (keluar Wondama), “kata Mambor.

Baca Juga :   Polsek Wasilei Selatan Sebut Akan TindakLanjuti Persoalan Dugaan Ijasah Palsu Kepsek SD Inpres 2 Binagara

Selain untuk moda transportasi antar wilayah, keberadaan tiga kapal itu juga diharapkan bisa mendorong pertumbuhan ekonomi serta mendongkrak sektor pariwasata.

“Supaya ekonomi bertumbuh, pariwisata terbuka, “ ucap Mambor.

Kepala Dinas Perhubungan Aser Waroi mengatakan pengadaan tiga kapal baru itu bertujuan memperlancar konektivitas antar wilayah sehingga bisa mempercepat kemajuan daerah hingga ke distrik dan kampung terluar.

“Sehingga harapan membangun dari kampung yang diinginkan bapak bupati itu bisa diwujudkan, “kata Aser.

Aser menambahkan, hadirnya tiga kapal itu menjadi jawaban atas kesulitan yang dialami masyarakat Teluk Wondama terutama yang tinggal di wilayah pesisir dan kepulauan yang jauh dari kota.

“Arus barang, arus manusia pergi pulang itu bisa diperlancar dengan kapal ini. Juga untuk membangun pariwisata juga membangun ekonomi, “lanjut eks Kepala Pelaksana BPBD itu.

Baca Juga :   Tinjau Rumah Produksi Pengolahan Pala Tomandin Fakfak, Wapres Harap Terus Dikembangkan Menjadi Komoditas Ekspor

Dewan Adat Papua (DAP) daerah Wondama menyambut positif kebijakan Pemkab Teluk Wondama mendatangkan tiga kapal baru untuk menjangkau masyarakat di pesisir dan kepulauan yang selama ini sulit mendapatkan akses tranportasi.

“Ini untuk menyelamatkan manusia Papua yang ada di pesisir dan pulau-pulau. Ini wujud nyata kepedulian dari Pemda, “kata Wakil Ketua DAP Daerah Wondama Fredi Jhon Marani.

Untuk diketahui, kapal penumpang jenis bus roro sebanyak dua unit memiliki kapasitas masing-masing 40 penumpang dan bisa memuat sebanyak 10 unit sepeda motor.

Sementara satu unit bus air dengan mesin gantung 600 PK  mampu mengangkut 20 penumpang.

Ketiga kapal itu dibuat di Bangka Belitung dengan menelan anggaran 18 miliar yang bersumber APBD Teluk Wondama dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2022.

Kapal jenis bus roro diklaim dilengkapi teknologi navigasi modern serta kemampuan berlayar di laut dangkal sehingga cocok dengan karakteristik perairan di Teluk Wondama. (Nday)

Baca Juga :   Apresiasi Peran Polisi Lalu Lintas, Wabup Wondama Andi Kayukatuy Sebut Polantas Ujung Tombak Polri

 

Pos terkait