Sumpah Pemuda ke-93, Pemuda Wondama Diharap Bangun Kewirausahaan Pemuda untuk Percepat Pemulihan Ekonomi

  • Whatsapp

WASIOR – Para pemuda di Kabupaten Teluk Wondama diharapkan mulai memberdayakan potensi kewirausahaan pemuda untuk membantu Pemda membangkitkan kembali perekonomian daerah yang mengalami keterpurukan akibat pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Teluk Wondama Denny Simbar pada Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92 tahun 2021 di lapangan apel kantor bupati Teluk Wondama di Isei, Kamis (28/10).

Sekda Simbar tampil sebagai Pembina Upacara mewakili Bupati Hendrik Mambor. Sementara Lurah Wasior yang juga pengurus KNPI Ickbal Marani menjadi pemimpin upacara.

“Bagaimana mengembangkan potensi kewirausahaan pemuda ini yang penting untuk jadi perhatian adik-adik pemuda. Karena tidak mungkin kita terus-terusan bergantung pada CPNS jadi potensi kewirausahaan pemuda ini harus tumbuh, “ucap Sekda di hadapan para pemuda yang tergabung dalam KNPI dan Karang Taruna usai upacara Hari Sumpah Pemuda.

Sekda juga mengharapkan wadah kepemudaan seperti KNPI maupun Karang Taruna bisa menjadi motor penggerak potensi pemuda di Teluk Wondama.

“Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) agar dipersiapkan dengan baik kelembagaannya, organisasinya supaya bisa menampung semua potensi pemuda. Pemerintah Daerah pada prinsipnya siap mendukung, “kata Simbar.

Sebelumnya Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Zainudin Amali dalam sambutan tertulis menekankan pentingnya kewirausahaan pemuda untuk bisa menggerakkan ekonomi nasional di tengah pandemi Covid-19.

“Momentum Hari Sumpah Pemuda ini harus mampu menjadi perekat persatuan kita sebagai bangsa untuk bersama-sama bangkit melawan pandemi serta mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang kokoh melalui kewirausahaan pemuda,”pesan Amali.

Adapun peringatan Sumpah Pemuda ke-93 dilakukan secara sederhana. Upacara diisi dengan pengibaran Sang Merah Putih, pembacaan teks Pancasila dan UUD 1945 serta pembacaan teks Sumpah Pemuda.

Upacara Hari Sumpah Pemuda tahun 2021 dihadiri sejumlah tokoh antara lain Ketua DPRD Herman Sawasemariai, Kapolres AKBP Yohanes Agustiandaru, Asisten Sekda Jemmy Suila dan sejumlah pimpinan OPD.

Dari lingkup pemuda tampak hadir pengurus KNPI Teluk Wondama Ickbal Marani dan Caretaker Ketua Karang Taruna Tonci Sumambui. (Nday)

Pos terkait