Sudah Teken Pakta Integritas, Bawaslu Wondama Harap Bapaslon Komitmen Jalankan Protokol Kesehatan

  • Whatsapp

WASIOR – Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Teluk Wondama berharap para bakal pasangan calon benar-benar komitmen menjalankan protokol kesehatan untuk pencegahan virus corona atau Covid-19 dalam setiap tahapan Pilkada sesuai dengan Pakta Integritas yang telah ditandatangani bersama pada 16 September lalu.

Seperti diketahui, empat bapaslon (saat penandatanganan hanya diikuti 3 bapaslon) telah meneken Pakta Integritas mewujudkan Pilkada yang sehat, jujur adil dan damai pada 16 September lalu di Mapolres Teluk Wondama.

Ada empat poin dalam Pakta Integritas yang menjadi komitmen para calon kontestan Pilkada 2020. Diantaranya, tidak mengumpulkan masyarakat melebihi yang ditentukan penyelenggara Pemilu dan tidak melibatkan ibu hamil, anak dan lanjut usia. Poin lainnya adalah bersedia untuk menyiapkan tim kesehatan di setiap tahapan Pilkada.

“Harapan kami Pakta Integritas itu bukan hanya sekedar ditandatangani dan tidak ditindaklanjuti. Namun harapan kami semua kontestan berkomitmen untuk membawa Pilkada Wondama ini menjadi Pilkada yang sehat dan bebas dari penularan Covid-19, “kata Ketua Bawaslu Teluk Wondama Menahen Sabarofek di kantor Bawaslu, Jalan Topai Wasior, Sabtu (19/9/2020).

Mena, demikian sapaan karib Ketua Bawaslu Wondama menegaskan bahwa Pilkada tidak bisa berjalan dengan sukses dan lancar bahkan bisa ditunda apabila terjadi lonjakan kasus Covid-19 yang cukup signifikan dan tidak bisa lagi dikendalikan.

Karena itu Bawaslu berharap para calon kontestan juga tidak pemenangan benar-benar serius menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kesempatan termasuk pada tahapan kampanye di mana biasanya dilakukan dengan pengumpulan massa dalam jumlah besar.

“Harapan kami dalam pelaksanaan tahapan yang dilakukan ke depan tidak muncul cluster baru karena adanya perkumpulan massa. Tapi kami yakin semua kandidat punya komitmen dengan Pakta Integritas yang telah ditandatangani bahwa prinsip ketaatan dan kepatuhan terhadap protokol kesehatan itu menjadi sangat penting demi kesehatan dan keselamatan masyarakat, “ujar alumni Universitas Sam Ratulangi Manado ini. (Nday)

Pos terkait