Sosek Unipa Sukses Laksanakan ” Kemah Bakti Mahasiswa”

  • Whatsapp

MANOKWARI- Jurusan Sosial Ekonomi (SOSEK) Pertanian Fakultas Pertanian Unipa sukses melaksanakan “Kemah Bakti Mahasiswa”, di Kampung Bogor, Dusun Irman Jaya, SP 2 Prafi yang berlangsung dari tanggal 24-26 Agustus 2018.

Ketua Panitia, Mikael Baransano mengatakan sekitar 330 peserta kemah bakti, terdiri dari 300 mahasiswa, 22 Dosen ditambah 8 alumni Sosek.

Kegiatan yang mengusung tema “Belajar Dari Petani, Belajar Dari Alam” ini terdiri dari beberapa kegiatan, seperti Perkemahan, Pemberdayaan masyarakat, Bakti Sosial dan Bina Keakraban Mahasiswa, Alumni dan Dosen.

Kegiatan tersebut meliputi penyuluhan pemanfaatan lahan untuk ketahanan Pangan keluarga oleh Dinas Pertanian Kabupaten Manokwari, Olahraga Bola volly dan Gawang bersama masyarakat, Pemutaran Film di Timur Matahari, penanaman pohon pinang pepaya dan pembagian bibit tomat, cabe dan kol putih, Penyuluhan dari BNN Papua Barat, Cerdas Cermat, Pelatihan Pembuatan Aneka Kue, Lomba Foto Flora dan Fauna (Hiking).

Baca Juga :   Tolak Tes CPNS Sistem Online, Aktivis Mahasiswa Minta Gubernur Surati Pusat

Ditambah Penyuluhan “Bank Sampah” dari UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Pramuka Unipa, Penyerahan bingkisan dan pakaian layak pakai, dan ibadah bersama, seluruh rangkain kegiatan ditutup dengan pelaksanaan api unggun.

Ada kegiatan yang tidak sempat dilaksanakan yaitu pembuatan saringan di bak penampung air utama. Hal ini dikarenakan medan yang sulit terjangkau.

Dekan Fakultas Pertanian Unipa, Agus Sumule, pada acara pelepasan menyampaikan terimakasih dan apresiasi atas apa yang telah dilakukan jurusan Sosek yang merupakan program Bidang kemasiswaan Fakultas Pertanian. Kedepan kegiatan ini diharapkan dapat menjadi agenda jurusan dan memungkinkan menjadi agenda rutin Fakultas.

Sementara itu, Ketua Jurusan Sosek Pertanian Faperta Unipa, Ishak Suwardi, berharap lewat kegiatan “Kemah Bakti Mahasiswa”, bisa mewujudkan Visi menjadikan Jurusan Sosek Pertanian sebagai Program Studi Unggulan di tanah papua tahun 2023.

Baca Juga :   Korban Wasior Berdarah 2001 Tagih Tanggung Jawab Negara

Mewakili warga Kampung Bogor, Yohanes Dimara, merasa bangga, kampung yang berjumlah 135 kk dan merupakan kampung persiapan pemekaran ini, dikunjungi jurusan Sosek Pertanian Unipa sebagai tempat kegiatam Kemah Bakti Mahasiswa.

Sekretaris Jenderal DPP Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unipa, yang juga selaku Alumni Sosek Pertanian dan Pembina UKM Pramuka, Johanes Lebang, seusai membawakan materi “Bank Sampah” menyampaikan kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan positif dan bermanfaat yang perlu dan mendapat dukungan serius dari Pihak Universitas maupun Fakultas serta alumni.

Pos terkait