Siapkan Talenta Berbakat di Bidang Musik Gerejawi, LPPD Wondama Gelar Pelatihan Dirigen dan Pianis

  • Whatsapp

WASIOR – Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah (LPPD) Kabupaten Teluk Wondama menyelenggarakan pelatihan dirigen dan pianis bagi anak-anak dan generasi muda.

Pelatihan tersebut dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni di bidang musik gerejawi.

“Kita kekurangan SDM di bidang musik liturgi juga dirigen. Ini menjadi tantangan kita. Makanya LPPD ingin fokus menyiapkan SDM dulu. Karena selama ini dalam setiap iven-iven yang kita ikuti kita selalu mendatangkan pemain musik dari luar.

Jadi sekarang kita siapkan mulai dari bawah dulu dan terus berkelanjutan sampai mereka jadi profesional, “kata Ketua LPPD Teluk Wondama Paulus Y. Indubri di sela-sela penutupan pelatihan di gereja Sjen Jesus Bobuki Jar Betenam, Iriati Wasior, Jumat (3/12).

Bupati Teluk Wondama Hendrik Mambor menilai pelatihan dirigen selaku pemimpin paduan suara dan pianis sebagai pengiring lagu atau kidung pujian di gereja merupakan hal yang penting dalam rangka pengembangan talenta generasi muda di bidang musik gerejawi.

Terlebih lagi Wondama saat ini masih kekurangan tenaga terampil dalam bidang itu.

“Hal ini sejalan dengan visi dan misi pemerintah daerah dalam pembangunan mental dan spiritual masyarakat Teluk Wondama,“kata Mambor dalam sambutan tertulis dibacakan Wakil Bupati Andarias Kayukatuy.

Bupati berharap pelatihan tersebut menjadi langkah awal yang baik untuk bisa mencetak dirigen maupun pianis yang handal sehingga bisa ditampilkan dalam setiap kegiatan gerejawi termasuk pada ajang lomba Pesparawi.

 

Lebih dari itu, Mambor juga mengharapkan pelatihan itu menjadi momentum kebangkitan kembali LPPD Teluk Wondama setelah lebih kurang 2 tahun vakum akibat pandemi Covid-19.

“Saya berharap pelatihan ini bisa menjadi embrio sebagai cikal bakal kebangkitan LPPD Wondama guna mengembangkan talenta yang ada, demi meraih prestasi yang kita harapkan bersama, “pesan orang nomor satu Wondama.

Adapun pelatihan dirigen dan pianis yang berlangsung beberapa hari itu menghadirkan narasumber dosen Pendidikan Seni Musik FBS Unima Manado dan Dosen Luar Biasa pada Jurusan Pendidikan Musik Gereja Institut Kristen Manado, Jaris Paulus A.Banua. Dia didampingi Nita Novita Binilang. (Nday)

Pos terkait