Sambut HUT RI ke-78, Pemkab Wondama Gelar Ziarah Laut dan Pawai Obor Libatkan Ratusan Pelajar

WASIOR – Ziarah laut dan pawai obor menjadi pembuka rangkaian acara peringatan hari ulang kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 di Kabupaten Teluk Wondama.

Ziarah laut berlangsung pada Rabu petang (16/8) dipusatkan di Pelabuhan Kuri Pasai Wasior. Kapolres Teluk Wondama AKBP Hari Sutanto bertindak sebagai pemimpin ziarah.

Prosesi ziarah laut diisi pembacaan ikrar oleh Kapolres. Ikrar berisi doa dan ikthiar untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan yang gugur demi memperjuangkan kemerdekaan bangsa.

Selanjutnya dilakukan pelepasan karangan bunga serta penaburan bunga ke laut oleh peserta ziarah.

 

Acara itu dihadiri Bupati Teluk Wondama Hendrik Mambor, Wakil Bupati Andarias Kayukatuy serta Dandim 1811/Peradaban Teluk Wondama Letkol Inf Budi Setiadi.

Turut hadir Wakil Ketua DPRD H.Arwin, Sekda Aser Waroi bersama sejumlah pejabat besar Pemkab Teluk Wondama juga pimpinan organisasi perempuan.

Baca Juga :   Berbagi Kasih di HUT RI, DPD Golkar Teluk Wondama Bagikan Ratusan Token Listrik Gratis

Ziarah laut sendiri digelar sebagai pengganti ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP). Hal itu karena sejauh ini Kabupaten Teluk Wondama belum memiliki TMP.

Usai ziarah laut, prosesi menyambut HUT Proklamasi Kemerdekaan ke-78 dilanjutkan dengan upacara Taptu yang dirangkai dengan pawai obor.

Pawai obor berjalan meriah karena melibatkan ratusan anggota pramuka serta para pelajar SMP dan SMA/SMK di kota Wasior.

Pawai obor yang dimulai dari depan kompleks perumahan Pemda di Manggurai dan berakhir di Taman Masasoya Topai Wasior juga dimeriahkan dengan atraksi marching band oleh gabungan pelajar SD hingga SMA.

Kendati sempat diguyur hujan hingga para peserta pawai basah kuyup juga membuat sebagian besar obor menjadi padam namun para pelajar terpantau tetap semangat hingga titik finis. (Nday)

 

 

 

Pos terkait