Safari Ramadan 1445 ke Wondama, ABT Ajak Umat Muslim Bantu Tekan Kemiskinan Ekstrem dan Stunting

WASIOR, Kabartimur.com – Penjabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere atau ABT mengajak umat Islam di Kabupaten Teluk Wondama menjadikan Bulan Ramadan 1445 H sebagai momentum memperbanyak amal ibadah juga sekaligus memperkuat kepedulian sosial.

Hal itu disampaikan ABT pada Safari Ramadan 1445 H yang digelar MUI dan Pemprov Papua Barat di Kabupaten Teluk Wondama, Jumat sore, 5 April 2024 di mushola Jabal Nur Manggurai, Wasior.

ABT mengatakan salah satu wujud kepedulian sosial adalah dengan ikut mendukung program Pemerintah Provinsi Papua Barat untuk menekan angka kemiskinan ekstrem yang masih tinggi.

“Jadi kita diminta untuk membantu mempercepat penurunan angka kemiskinan ekstrem,” pesan ABT melalui sambutan tertulis dibacakan Pj Sekda Provinsi Papua Barat Jakob Fonataba.

Selain soal kemiskinan ekstrem, permasalahan daerah lain yang perlu menjadi perhatian semua pihak di Papua Barat khususnya umat Islam adalah stunting serta kerawanan pangan.

Baca Juga :   Paket Bapok Covid-19 dari Pemprov Papua Barat untuk Wondama Naik Jadi 3.501 Paket, 'Tangan Kasih' Bertambah 1000 Orang

Adapun angka prevalensi stunting di Papua Barat pada awal 2024 seebsar 13,93 persen. ABT berharap umat Islam Papua Barat turut berperan menekan angka stunting dengan selalu memperhatikan asupan gizi bagi anak-anak.

Mantan Sekda Kabupaten Fakfak itu juga menekankan pentingnya keterlibatan umat Islam untuk ikut membangun ketahanan pangan di Papua Barat melalui kegiatan bercocok tanam dan penganekaragaman pangan.

“Jadi menu-menu yang ada, kita tidak hanya mengonsumsi nasi tetapi juga bahan pangan lain sebagia pengganti karbohidrat, “pesan ABT.

Sementara itu Bupati Teluk Wondama Hendrik Mambor mengharapkan Safari Ramadan 1445 H tidak saja menjadi ajang silahturahmi antara Pemerintah Daerah dengan umat dan para ulama.

Namun juga bisa menghasilkan hal-hal penting lain yang bermanfaat untuk kebaikan umat Islam termasuk di Kabupaten Teluk Wondama.

Mambor memastikan Pemkab siap membantu hal-hal yang dibutuhkan untuk peningkatan pelayanan umat Islam di Kabupaten Teluk Wondama.

Baca Juga :   Dapat Kejutan Ulang Tahun ke-59, Bupati Mambor Ajak Masyarakat Jaga Nilai Luhur Budaya Wondama

“Kita akan terus bersinergi, kecil ataupun besar (bantuannya) tapi kita tetap berupaya ke depan untuk menopang peribadatan umat Islam di Kabupaten Teluk Wondama, “ucap Mambor.

Bupati juga mendoakan umat Islam khususnya di Teluk Wondama dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik dan lancar sampai tiba hari kemenangan pada Idul Fitri nanti

“Kami berharap Umat muslim terutama di Kabupaten Teluk Wondama diberi kekuatan untuk menjalani ibadah puasa sampai selesai dan dapat meraih kemenangan di Idul Fitri 1445 H, “lanjut Mambor.

Dalam kesempatan itu Pj Sekda menutup kegiatan  Safari Ramadan 1445 H yang telah dimulai sejak 18 Maret 2024 dengan mengunjungi enam kabupaten di Provinsi Papua Barat.

Ikut serta dalam rombongan Safari Ramadan 1445 H di Kabupaten Teluk Wondama Ketua MUI Papua Barat H.Ahmad Nausrau bersama sejumlah pejabat Pemprov Papua Barat juga Direktur Binmas Polda Papua Barat Kombes Pol Bagijo Hadi Kurnijanto. (Nday)

Baca Juga :   Pengurus PSMTI Manokwari Periode 2022-2026 Dilantik

 

Pos terkait