Rumah Tongkonan IKT Diresmikan Bersamaan dengan Rumah Kaki Seribu di Manokwari

  • Whatsapp

MANOKWARI, Kabartimur.com- Puncak Peresmian Rumah adat Toraja (Tongkonan) dilaksanakan bersamaan dengan peresmian Rumah adat suku Arfak yaitu rumah kaki seribu yang berlokasi di puncak Gunung Soribo distrik Manokwari barat pada Senin (9/5/2022).

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti, pengguntingan pita dan pesta adat budaya Toraja.

Bacaan Lainnya


Sebelum puncak peresmian, panitia peresmian telah melakukan serangkaian kegiatan yang dilaksanakan sejak tanggal 7 -9 Mei 2022 dengan ibadah bersama dan kegiatan adat lainnya.

Selain itu juga telah dilakukan ibadah syukuran dan pelantikan Badan Pengurus IKT Manokwari periode 2022 – 2027 hasil Musyawarah IV.

Acara peresmian dihadiri oleh ribuan warga yang memadati tongkonan, baik warga Toraja maupun dari suku lain juga nampak ikut berbondong-bondong menghadiri kegiatan tersebut, baik yang ingin mengikuti ibadah syukuran maupun pesta budaya Toraja.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Gubernur Papua barat, Sekda Papua Barat, Bupati Manokwari, Hermus Indouw, Wakil Ketua MRPB, Ketua DPR Papua Barat, Orgenes Wonggor, Kapolda Papua Barat, Pangdam XVIII Kasuari, Kabinda Papua Barat, Anggota DPR RI, Rico Sia, Kemudian Anggota DPD – RI dapil Papua Barat, Mamberob Rumakiek, Anggota DPR RI Dapil Sulsel , Eva Stevany.R, Wakil Bupati Pegaf, Bupati Teluk Wondama, Ketua Umum Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI), Yulius S. Lumbaa dan Bupati Toraja Utara, Yohanes Basang Ketua dan anggota DPRD Toraja Utara dan sejumlah kepala-kepala Suku Nusantara yang ada di Manokwari(Red)

Pos terkait