Rawan Bencana, Pemkab Teluk Wondama Siapkan Lahan untuk Bangun Gedung dan Perlengkapan SAR

WASIOR, Kabartimur.com– Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau yang dikenal dengan Basarnas mengharapkan dukungan Pemkab Teluk Wondama agar bisa memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat di daerah itu.

“Kalau bisa, kami memohon fasilitas kami di situ (gedung Pos Unit Siaga SAR Teluk Wondama di Rasiei) masih kurang layak, jadi mohon bantuannya. Mungkin berkenan membangunkan tempat yang baru atau menghibahkan kami sebidang tanah, “kata Kepala Kantor SAR Manokwari I Wayan Suyatna.

Hal itu disampaikan Wayan saat melakukan audensi dengan Wakil Bupati Teluk Wondama Andarias Kayukatuy di Kantor Bupati Teluk Wondama di Rasiei, Kamis, 28 Maret 2024.

Wayan didampingi Kaur Umum Kantor SAR Manokwari Ma’tan Pakiding, Rescuer Terampil Andri Wahyu Kuncoro dan Kanit SAR Teluk Wondama Pradikat Edo.

Wayan menjelaskan, Unit SAR Teluk Wondama yang telah ada saat ini masih diperhadapkan dengan berbagai keterbatasan baik personel maupun sarana dan prasarana penunjang.

Baca Juga :   BPBD Enrekang Pro Aktif Sukseskan Adipura 2018

“Di Teluk Wondama hanya tujuh orang personel jadi itu sangat terbatas. Sehingga harapan kami bisa dibantu personel untuk membackup Ketika terjadi bencana. Peralatan kami juga masih sangat terbatas, “papar Wayan.

Wakil Bupati Andarias Kayukatuy mengatakan Pemkab Teluk Wondama siap memberikan dukungan baik personel maupun sarana penunjang agar tugas-tugas SAR bisa berjalan dengan baik.

Terlebih karena Teluk Wondama merupakan daerah dengan indeks kerawanan bencana yang tinggi termasuk juga potensi kecelakaan di laut.

“Kita semua kan melayani rakyat Teluk Wondama jadi kalau ada hal-hal yang bisa kita bantu saya pikir tidak masalah. Tinggal kita melihat kondisi keuangan kita kalau mencukupi pasti kita bantu, “ujar Andi, sapaan karib wakil bupati.

Wakil Bupati dalam kesempatan itu didampingi Asisten Sekda Jemmy Suila dan Kepala Pelaksana BPBD Anita Tappi serta Sekretaris Dinas LH dan Pertanahan Anes Tan Djopari.

Baca Juga :   Melambung Mobil di Depannya, Pemuda Asal Malimbong Balepe' Meninggal Karena Tabrakan

Andi mengungkapkan Pemkab memang telah merencanakan penyediaan lahan untuk pembangunan kantor SAR berikut sarana penunjangnya. Dengan begitu harapannya status kelembagaan SAR di Teluk Wondama yang saat ini masih berupa unit bisa meningkat menjadi Pos SAR.

“Pemda sudah siapkan lokasi untuk pembangunan kantor SAR yang lebih memadai sehingga pelaksanaan tugas-tugas SAR ini ke depan bisa lebih bagus lagi, “ucap orang nomor dua Pemkab Teluk Wondama.

Sebagai tindak lanjut, usai pertemuan  langsung dilakukan peninjauan lahan yang direncanakan untuk pembangunan gedung kantor SAR Teluk Wondama yang berlokasi di Iriati, Wasior. (Nday)

 

 

 

Pos terkait