Puncak HUT RI Ke-77 Tahun 2022, Ikatan Permpuan Toraja Gelar Lomba Fashion Show

MANOKWARI, Kabartimur.com- Puncak peringatan HUT RI Ke-77 tahun 2022, , Ikatan Perempuan Toraja (IPT) Manokwari Melalui bidang sosial budaya menggelar Lomba Fashion show yang dipusatkan di Halaman Tongkonan IKT Sangulele Soribo Manokwari, Rabu, (17/8/2022).

Kegiatan ini dilangsungkan guna mempererat rasa persaudaraan di antara perempuan -perempuan Toraja khususnya dan perempuan yang ada di Manokwari pada umumnya tanpa memandang suku ras dan agama.

Bacaan Lainnya

Ketua panitia , Alfrida Limbong, dalam laporannya menyebutkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT RI Ke-77 Tahun 2022 dan kegiatan lomba yang dilaksanakan berlangsung selama 2 hari yaitu tanggal 13 dan 17 Agustus 2022.

Alfrida menjelaskan bahwa sebelumnya panitia telah melaksanakan lomba pada tanggal 13 Agustus 2022 yang dibuka langsung oleh ketua TP PKK, Febelina Indou.

Adapun lomba yang dilaksanakan yakni Lomba tangkap belut, lomba pesan berantai, lomba makan kerupuk, lomba balap kelereng, lomba sarung berantai dan lomba fashion show pakaian adat Nusantara yang digelar bertepatan dengan HUT RI Ke-77 Tahun 2022.

Baca Juga :   Virus Corona, UN 2020 di Papua Barat Resmi Ditiadakan, Kelulusan  Siswa Ditentukan dari Nilai Rapor

Sebagai informasi lomba fashion show diikuti oleh peserta sebanyak 63 peserta dan melibatkan 3 orang dewan juri dan para pemenang lomba mendapatkan uang pembinaan dan piala penghargaan.

Ketua IPT Manokwari, Erni Sosang menyampaikan bahwa kegiatan yang diselenggarakan oleh IPT melalui bidang sosial budaya dalam rangka memperingati HUT RI ke 77 tahun yang dimeriahkan dengan sejumlah lomba.

Erni berharap dengan dilaksanakannya sejumlah kegiatan lomba saat ini semoga kedepannya makin ditingkatkan dan lebih meriah lagi dan mampu merangkul ibu-ibu khususnya di organisasi IPT sendiri dan juga dapat bersinergi bersama-sama dengan organisasi wanita lain yang ada di Manokwari.

Selain itu Erni mengatakan bahwa pengurus ikatan perempuan Toraja terdiri dari beberapa bidang dan yang dilaksanakan saat ini merupakan bidang sosial dan budaya namun pada bidang lain ada kegiatan rutin dilakukan seperti mengunjungi warga yang sakit dan mengalami kedukaan.

Pihaknya berharap pengurus ikatan perempuan Toraja aktif dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dan semua bidang bisa bekerja sesuai dengan tupoksi masing-masing.

Baca Juga :   Kerugian Negara Kasus Gor Lapangan Bola Haltim Capai Rp 600 Juta

Olehnya itu ikatan perempuan Toraja diharapkan ke depannya semakin banyak kegiatan-kegiatan yang dilakukan untuk merangkul ibu-ibu di IPT supaya bisa mengisi kegiatan-kegiatan yang lebih positif.

Lomba fashion show yang dilaksanakan hari ini merupakan lomba perdana yang dilaksanakan setelah terbentuk pengurus baru IPT tahun ini dan antusias peserta sangat banyak meskipun Kesiapan panitia terbilang singkat dan hanya dua Minggu.

Senada disampaikan oleh pembina Umum Bidang Sosial Budaya , Orpa Tandiseno mengapresiasi panitia yang berhasil menyelenggarakan lomba karena Perencanaan yang dilakukan oleh panitia hanya dua Minggu namun pelaksanaan lomba bisa berjalan dengan baik.

“Kegiatan ini panitia hanya mempersiapkan kurang lebih dua minggu tetapi semangat mereka dan gotong royong mereka yang menjadikan kegiatan di ulang tahun republik Indonesia ini berjalan dengan baik” ungkap Tandiseno.

Tandiseno berharap kedepannya kegiatan ini bisa terlaksana dengan lebih baik lagi mengingat kegiatan lomba yang dilaksanakan merupakan kegiatan perdana yang dibuat oleh ikatan perempuan Toraja di Manokwari untuk ikut serta berpartisipasi secara secara khusus dapat mengambil bagian dalam pembangunan terutama pada SDM.

Baca Juga :   Perdana IPT Manokwari Gelar Ibadah Rayon Bersama

“Dengan terselenggaranya kegiatan ini ke depan semakin banyak yang berinisiatif untuk memberikan support kepada setiap wanita-wanita untuk perempuan-perempuan yang menyelenggarakan kegiatan-kegiatan seperti ini.Kami sangat bersyukur peserta yang ikut dalam kegiatan lomba ternyata cukup banyak dan itu memberi semangat bagi kami ikatan perempuan Toraja” harap Tandiseno.

Pada kesempatan yang sama Ketua IKT Kabupaten Manokwari, Apply Pakilaran dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut dan dapat berjalan dengan baik, juga kepada semua peserta dari berbagai suku yang telah menampilkan Pakaian adatnya dan tim juri dapat memberikan penilaian yang sangat objektif.

Appy menekankan, pelaksanaan lomba ini bukan tujuan untuk mendapatkan kejuaraan semata tetapi dapat menjalin kebersamaan dan persatuan sebagai anak bangsa dan kedepannya bisa kembali diselenggarakan dan dapat melibatkan warga masyarakat yang ada di Manokwari.

Appy berpesan kepada IPT Manokwari agar lomba fashion show yang dilaksanakan kedepannya bisa merangkul generasi muda untuk dibina dalam mencintai budayanya.(Red/VR)

Pos terkait