PMI Manokwari Diminta Proaktif Pada Misi Kemanusiaan

MANOKWARI, Kabartimur.com- Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Manokwari diharapkan untuk proaktif dalam melakukan berbagai kegiatan-kegiatan kemanusiaan dengan ikhlas sebagaimana yang diharapkan untuk tidak terpaku pada kegiatan pendonoran darah semata namun lebih maksimal pada misi-misi kemanusiaan yang selalu aktif dan peduli terhadap berbagai upaya penanganan masalah kemanusiaan.

Hal tersebut disampaikan bupati Manokwari Hermus Indou dalam sambutannya pada acara Pelantikan Dewan Kehormatan Dan Pengurus PMI Kab. Manokwari Masa Bakti 2022-2027 dengan Tema Terus Tebar kebaikan di ruang sasana karya kantor Bupati Manokwari, Kamis (09/02/2023).

Bacaan Lainnya

” Atas nama Pemerintah Kabupaten Manokwari, saya menyampaikan ucapan selamat dan sukses atas dilantiknya badan pengurus Palang Merah Indonesia Kabupaten Manokwari masa bakti 2022-2027″ ujar Bupati.

Baca Juga :   Dari Jodoh hingga Idealisme Cicero

PMI sebagai barisan terdekat dengan masyarakat memiliki peran penting dalam mengemban tugas sosial kemanusiaan.

Oleh karena itu, pengurus PMI dituntut untuk aktif melakukan komunikasi dengan lembaga/instansi terkait serta masyarakat di Kabupaten Manokwari ini.

Bupati menjelaskan, selain ikut berperan dalam upaya penanggulangan bencana yang tak kalah penting peran PMI dalam hal penanganan donor darah pihakny berharap agar seluruh pengurus PMI untuk lebih giat dan kreatif dalam melakukan sosialisasi di tengah-tengah masyarakat.

“Langkah ini sebagai upaya untuk membangkitkan kepedulian dan kesadaran masyarakat agar secara sukarela menjadi pendonor darah sebab selama ini ada sebagian dari masyarakat kita yang masih takut bahkan kurang peduli menjadi pendonor darah” terang Bupati.

Bupati membeberkan, berdasarkan data yang dihimpun kebutuhan darah pada umumnya didominasi oleh pasien melahirkan, kecelakaan dan penderita penyakit demam berdarah, tiga Hal ini hendaknya menjadi pemacu bagi jajaran PMI untuk dapat terus berkolaborasi serta bersinergi bersama semua elemen masyarakat dalam program aksi donor darah, yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat sebagai pendonor darah.

Baca Juga :   Bupati Haltim Tunjuk Asisten I Jadi Plt Kadispora

Selain menguatkan program donor darah, peran lain yang tak kalah penting yakni upaya memberdayakan generasi muda melalui kegiatan Palang Merah Remaja (PMR) di setiap sekolah yang ada di Kabupaten Manokwari.

Keberadaan PMR merupakan salah satu kekuatan PMI dalam melaksanakan kegiatan kemanusiaan di bidang kesehatan dan Siaga Bencana, sekaligus mempromosikan prinsip-prinsip dasar gerakan Palang Merah dan bulan sabit Merah Internasional serta mengembangkan kapasitas organisasi PMI itu sendiri.

Kepada pengurus PMI bupati berpesan untuk lebih aktif bekerja sama dengan sekolah mulai tingkat Sekolah Dasar, sampai Sekolah Menengah Atas untuk membentuk PMR mengingat keberadaan PMR, sebagai Wahana bagi generasi muda untuk melakukan kegiatan positif yang terhindar dari pengaruh narkoba.(Red/*)

Pos terkait