Pidato Bupati HUT Wondama ke-17 : Anggaran COVID-19 44,5 Miliar

  • Whatsapp

WASIOR – Bupati Teluk Wondama Bernadus Imburi mengungkapkan Pemkab telah melakukan realokasi dan menyiapkan belanja dari APBD 2020 sebesar 21,9 miliar untuk pencegahan dan antisipasi penanganan kesehatan terkait virus corona atau Covid-19.

Selain itu Pemkab juga menyiapkan 22,6 miliar untuk penanganan dampak ekonomi dan jaring pengaman sosial untuk membantu meringankan beban sektor usaha kecil menengah dan warga masyarakat pekerja harian, pedagang kecil, petani dan peternak yang terkena dampak Covid-19.

Dengan demikian secara keseluruhan anggaran yang dipersiapkan untuk penanganan Covid-19 mencapai Rp44,5 miliar.

Hal itu termuat dalam pidato tertulis Bupati dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Teluk Wondama ke-17 yang jatuh pada 12 April 2020 yang dikirimkan melalui pesan whatsapp, Minggu sore.

Adapun sebelumnya Sekretaris Daerah Denny Simbar selaku Ketua Tim Anggaran Pemda (TAPD) sewaktu rapat konsultasi dengan Badang Anggaran DPRD beberapa waktu lalu merincikan, TAPD telah melakukan realokasi dan refocusing belanja dalam APBD 2020 sebesar 38 miliar lebih untuk penanganan Covid-19.

Masih dalam pidato hari jadi ke-17, Imburi kembali mengingatkan masyarakat untuk mematuhi himbauan pemerintah untuk menerapkan protokol kesehatan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Yakni dengan menerapkan pola hidup sehat dan bersih, sering cuci tangan dengan sabun antiseptik, melakukan social distancing dan physical distancing alias menjaga jarak aman dan tidak keluar rumah kecuali untuk urusan yang sangat penting.

“Dan menggunakan masker serta tidak melaksanakan kegiatan atau acara yang berpotensi mengumpulkan orang banyak, pada prinsipnya sangat efektif untuk mencegah penularan virus corona, “ demikian Imburi.

Bupati memutuskan tidak ada perayaan apapun yang dilakukan dalam rangka peringatan hari jadi Teluk Wondama ke-17 lantaran sedang ada pandemi Covid-19. Sebagai gantinya masyarakat diimbau melakukan doa khusus untuk kemajuan Teluk Wondama juga pemulihan dunia dari virus corona. (Nday)

Pos terkait