Pendataan Malam Regsosek, BPS Teluk Wondama Cacah Crew Kapal di Pelabuhan Wasior

WASIOR – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Teluk Wondama, Sabtu (29/10) melakukan Pendataan Malam dalam rangka Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) dengan sasaran nakhoda dan anak buah kapal.

Pendataan Malam dipimpin langsung Kepala BPS Teluk Wondama Eliza Izack Pattikawa dengan menerjunkan belasan petugas Regsosek.

Kegiatan itu juga melibatkan tenaga pendukung dari petugas dari Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan serta Polsubsektor KP3 Pelabuhan Wasior.

“Pendataan malam ini kita lakukan untuk memastikan semua penduduk yang berada di wilayah Teluk Wondama ini sudah dicatat termasuk yang ada di kapal. Pendataan malam ini dilakukan dari jam 9 malam (21.00) sampai jam 6 besok pagi. Tapi karena kita di sini kapal tidak banyak jadi kita mulai jam 8 malam, “jelas Pattikawa.

Tepat pukul 20.00 WIT, petugas Regsosek mulai mendatangi satu persatu kapal yang sedang sandar di dermaga Kuri Pasai Wasior. Pendataan menyasar seluruh crew kapal yang berada di atas kapal.

Baca Juga :   Upah Guru Honorer Wondama Naik Tahun Depan, Tidak Lagi 1,5 Juta

Di dermaga Kuri Pasai sendiri terdapat 5 kapal terdiri atas 4 kapal kayu dan 1 kapal LCT yang sedang berlabuh.

“Di sini ada 5 kapal dengan jumlah 23 orang yang ada di kapal. Ada satu kapal tadi ternyata mereka sudah didata karena mereka merupakan warga di Wasior, “terang salah seorang petugas Regsosek.

Setelah di Pelabuhan Kuri Pasai Wasior, tim kemudian bergerak menuju pelabuhan perikanan di Kampung Maimari, Distrik Wasior.

Di pelabuhan perikanan Maimari terdapat satu kapal pengangkut BBM yang sedang sandar. Terdapat 7 crew kapal yang berhasil dicacah dalam kesempatan itu.

Pendataan Malam dinyatakan selesai pada pukul 23.00 WIT. Secara keseluruhan terdapat 30 crew kapal yang berhasil dicacah dari 6 kapal yang tengah berlabuh di kota Wasior dan sekitarnya.

“Kami menyampaikan terima kasih banyak atas dukungan dari semua pihak terutama UPP Wasior dan KP3 yang mendukung pelaksanaan Pendataan Malam Regsosek ini. Ini adalah tugas negara yang harus kita sukseskan, “ujar Pattikawa.

Baca Juga :   Bupati Imburi Serahkan Bantuan Frezer dan Coolbox untuk Nelayan Wondama

Kepala Unit Kesyahbandaran Kantor UPP Wasior, Luhur mengatakan pihaknya merasa terhormat ikut dilibatkan dalam Regsosek terutama dalam kegiatan Pendataan Malam.

Dia menyatakan pihaknya selalu siap memberikan dukungan demi suksesnya agenda nasional itu.
“Ini tugas negara yang harus kita laksanakan. Kami dari UUP Wasior merasa terhormat bisa ikut dilibatkan dalam kegiatan ini, “ucap Luhur yang dalam kesempatan itu didampingi Kepala Polsubsektor KP3 Pelabuhan Wasior Aipda Mahmud. (Nday)

Pos terkait