Pemkab Wondama Siapkan 39 Miliar untuk Pemulihan Ekonomi, 22 Miliar Berupa Bansos

  • Whatsapp

WASIOR – Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama menyiapkan anggaran sebesar 39,3 miliar dalam APBD tahun anggaran 2021 untuk pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Anggaran tersebut dialokasikan untuk bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat sebesar 22 miliar serta untuk dukungan ekonomi sebesar 17 miliar.

Hal itu disampaikan Sekda Denny Simbar saat membacakan jawaban bupati terhadap pemandangan umum gabungan fraksi DPRD Kabupaten Teluk Wondama atas Raperda Perubahan APBD tahun anggaran 2021 dalam rapat paripurna DPRD di gedung dewan di Isei, baru-baru ini.

“Adapun kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan antara lain bantuan sisial berupa uang kepada kelompok perorangan/masyarakat, bantuan sosial di bidang pendidikan, keagamaan, sektor pariwisata dan lainnya. Pemberian bantuan sembako, bantuan stimulan kepada pelajar dan mahasiswa dan bantuan stimulan bagi UMKM, “jelas Sekda.

Anggaran untuk pemulihan ekonomi sendiri bersumber dari hasil realokasi refocusing APBD tahun anggaran 2021 untuk pencegahan dan penanganan Covid-19 beserta dampaknya. Total anggaran hasil realokasi dan refocusing tahun 2021 mencapai 113,6 miliar.

Selain untuk pemulihan ekonomi sebesar 39 miliar, Anggaran tersebut disediakan untuk belanja kesehatan dan prioritas lainnya sebesar 74 miliar. Adapun peruntukkannya adalah pertama, untuk pencegahan dan penanganan Covid-19 sebesar 31,8 miliar.

Kedua, dukungan program vaksinasi sebesar 41,9 miliar dan ketiga, dukungan kepada Kelurahan Wasior dalam rangka penanganan Covid-19 sebesar 513,9 juta.

DPRD Teluk Wondama sebelumnya mengingatkan agar memberi perhatian khusus terhadap pemulihan ekonomi daerah yang mengalami keterpurukan akibat pandemi Covid-19.

DPRD berharap Bupati Hendrik Mambor bisa menyiapkan langkah yang tepat untuk meningkatkan kembali daya beli masyarakat. (Nday)

Pos terkait