Pemilihan Serentak Tahun 2024, Bawaslu Papua Barat Gelar Konsolidasi Bersama Awak Media di Manokwari

MANOKWARI, kabartimur.com – Dalam rangka Deseminasi informasi pengawasan pemilihan serentak tahun 2024, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Papua Barat menggelar Konsolidasi bersama awak Media di Manokwari, Kamis (16/5).

Kegiatan yang dipusatkan di salah satu restoran, di Manokwari ini dihadiri puluhan awak media, Organisasi Mahasiswa, Perwakilan Adat dan Agama.

Bacaan Lainnya

Fredrik Abidondifu Kepala bagian Hukum, Humas dan Data Informasi Bawaslu Provinsi Papua Barat melaporkan, kegiatan ini merupakan sarana yang digunakan Bawaslu untuk membangun kedekatan Bawaslu sebagai penyelenggara dengan rekan-rekan media dan mahasiswa untuk memantau Pilkada 2024.

Baca Juga :   Pilkada 2020, Bawaslu PB Sebut Ada 32 TPS Potensi PSU

Tujuannya untuk meningkatkan partisipasi bersama dalam mendorong keterlibatan masyarakat agar menjadi pemilih yang cerdas, rasional, dalam menyalurkan hak politiknya yang bermuara pada Pilkada yang bermartabat bagi daerah.

“Gunanya menghindari adanya transaksi politik uang, berita bohong (HOAKS) dan politik SARA”, ujarnya.

Oleh karenanya, kegiatan ini menjadi bukti peran semua elemen untuk mendorong dan meningkatkan sumberdaya manusia dalam hal pengetahuan politik dan kesadaran.

“Diharapkan kegiatan ini dapat melahirkan persepsi dan pemahaman dalam pengawasan Pilkada dan peran masing-masing stakeholder dalam melawan politik uang, berita bohong dan politisasi SARA”, harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kordinator Divisi Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Provinsi Papua Barat, Menahen Sabarofek dalam arahannya menyampaikan, kegiatan ini penting dilaksanakan mengingat pemberitaan dapat memberikan kontribusi informasi yang dilaksanakan penyelenggara yang akan tersampaikan kepada publik.

Baca Juga :   Hartiknas 2019, Sekda Manokwari Harapkan Generasi Muda  Punya Semangat dan Jiwa Juang Positif

“Apa daya kami Bawaslu berjuang melakukan tugas penyelenggaran tapi jika tidak terekspos dengan baik maka informasi tidak tersampaikan dengan baik ke masyarakat”, ungkap Sabarofek.

Sebelum membuka kegiatan Konsolidasi Media, Sabarofek berharap materi yang disampaikan narasumber dapat menjawab permasalahan di daerah berkaitan dengan politik uang, berita bohong dan politisasi sehigga memberikan dampak positif bagi masyarakat dan daerah.

Diketahui, diskusi ini menghadirkan dua narasumber yakni Dewi Dian Purnamasari, Jurnalis Senior Harian Kompas.id dan Ketua PWI Provinsi Papua Barat, Bustam. (Red/*)

Pos terkait