Pemda Haltim Bersama Tim Peneliti Fakultas Ilmu Budaya Universitas Khairun Gelar Seminar Hasil Penulis Buku Sejarah Pembentukan Kabupaten Haltim

HALTIM,Kabartimur.Com – Pemerintah Daerah Halmahera Timur (Haltim)Provinsi Maluku Utara (Malut)bersama dengan Tim Peneliti dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Khairun melakukan Seminar Hasil Penulis Buku Sejarah Pembentukan Kabupaten Halmahera Timur.

Dalam seminar tersebut juga melibatkan Tokoh Pemekaran seperti Idrus E Maneke, Isack Jailan,serta Toko Masyarakat, tokoh adat dan seluruh stekhorder yang ada di Pemerintah Haltim.

Bacaan Lainnya

Kegiatan Seminar Hasil Penulis Buku Sejarah Pembentukan Kabupaten Halmahera Timu dilakukan di Ruang Aula Kantor Bupati, Selasa (27/12/2022), yang dibuka langsung oleh Sekertaris Daerah Ricky Chairul Richfat.

Sekda Haltim Ricky CH Ricfat dalam sambutannya pada seminar tersebut menyampaikan Dengan seminar Buku sejarah Pembentukan Kabupaten Halmahera Timur bisa merangkul semua orang yang selama ini mungkin kita lupakan.

Baca Juga :   Pemda Haltim dan PT Wana Kencana Mineral Jalin Kerjasama

“Saya pikir Sangat penting Buku Sejarah tersebut buat seluruh masyarakat Halmahera Timur, apalagi buat kami Seluruh ASN wajib memahami seberapa penting dan seberapa besar perjuangan tokoh-tokoh Pemekaran Kabupaten Halmahera Timur,” Ujarnya.

Dikatakanya, Dengan adanya buku sejarah Pembentukan Kabupaten Halmahera Timur ini diharapkan tidak lagi terjadi polemik dan terjadi hal yang positif bagi kami pemerintah daerah terkait dengan pemekaran Halmahera Timur.

“Keberadaan Buku ini kemudian bisa menghilangkan hal-hal yang selama ini menjadi perselisihan dan saling kalem, maka dengan hadirnya Buku tersebut menjadi sprit kebersamaan dalam bingkai Fagogoru Kabupaten Halmahera Timur,” Tuturnya.

Sejarah Pembentukan Kabupaten Halmahera Timur, kata dia, merupakan langkah kebersamaan yang sangat sistematis, dan kerja tersebut tidak bisa mengandalkan satu orang tetapi mengandalkan seluruh elemen.

“Pemerintah daerah berharap dengan adanya Buku sejarah Pembentukan Kabupaten Halmahera Timur menjadikan acuan dasar bagi kita semua Masyarakat Haltim terutama Pemerintah Daerah, Serta mewujudkan panduan Buku Sejara bagi anak Cucu kita kedepannya,” Pungkasnya.

Baca Juga :   Tahun ini Pemda Haltim Mengusulkan Untuk Renovasi Rehab Total Gedung Kantor Bupati

Sekedar diketahui Buku Sejarah Kabupaten Halmahera timur ditulis oleh M. Ridha Ajam, Nurprihatina Hasan, Irfan Ahmad, Andi Surman Karmen, Safrudin Abdurahman, Arlina Madjid, Bahtiar Haerullah, Rusia S. Tawari, Wildan dan Mamat Jalil dan disusun Fakultas Ilmu Budaya Universitas Khairun.
(Red/Ruslan)

Pos terkait