Pejabat Gub. Sul-Sel Soni Sumarsono Menghadiri HUT Kab. Tana Toraja

  • Whatsapp
SONY DSC

Tana Toraja Kabartimur.Com

Pejabat Gubernur Sulawesi Selatan Soni Simarsono didampingi Sekda Provinsi Sulawesi Selatan Tautoto Tanaranggina menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Tana Toraja yang ke-61, dan Hari Jadi Toraja ke-771, di Lapangan Sepak Bola Getengan Kel. Rantekalua’ Kec. Mengkendek Jumat, 31/08/2018.

Acara HUT tersebut juga dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Tana Toraja Victor Datuan Batara, Bupati Toraja Utara Kala’tiku Paembonan bersama Sekda Toraja Utara, Rede Roni,  Bupati yang ada di Prov. Sul-Sel, anggota DPRD Propinsi dan  anggota DPRD Kabupaten Tana Toraja, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan beberapa undangan lainnya.

DR. Ir. Semuel Tande Bura MM sekda Tana Toraja sekaligus Ketua Paniti HUT Tana Toraja dalam laporannya mengatakan bahwa melalui even ini diharapkan dapat mempromosikan budaya toraya. Karena dalam puncak HUT Tana Toraja ini berbagai budaya yang ditampilkan seperti tarian massa Toraya Maelo dan berbagai kegiatan olahraga lainnya, untuk memeriahkan hari jadi Tana Toraja.

Dengan adanya even budaya Toraya ini, kegiatan atraksi rakyat dipadukan dalam tarian Toraya Maelo, ini disesuaikan dengan Visi-Misi Bupati dan Wakil Bupati Tana Toraja, yaitu  jangan biarkan rakyatku Lapar, Bodoh, dan Sakit, selain itu juga ada pemberian Handtractor, Kultivator dan penanaman pohon.

Ketua DPRD Kab. Tana Toraja Welem Sambolangi berkesempatan membacakan sejarah singkat tentang Tana Toraja mulai berdiri sejak tahun 1946 dan dimekarkan sejak 21 Juli 2008 menjadi dua Kabupaten yaitu Tana Toraja dan Toraja Utara.

Sedangkan Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae dalam sambutannya mengatakan bahwa apa yang dilakukan hari ini merupakan bagian dari wujud syukur kita kepada Tuhan. Nico mengaku bangga dengan masyarakat Toraja, terlebih dalam HUT Tana Toraja yang kita laksanakan hari ini bisa berjalan dengan baik sesuai rencana. Mari kita bersama-sama membangun Toraja. Ajak Nico.

Sementara Pj. Gub. Sulsel Soni Sumarsono dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam suasana HUT Hari ini, dirinya merasakan nuansa Indonesia mini. Dirinya juga merasa sambutan masyarakat Toraja yang sangat luar biasa.

“Selamat Ulang Tahun Kab. Tana Toraja yang ke -61 dan hari jadi ke – 771 semoga Pemerintah Kabupaten Tana Toraja dan masyarakatnya tetap sejahtera di bawah kepemimpinan yang bijaksana”, jelas Soni Sumarsono.

Lanjut Soni Sumarsono bahwa dalam even ini ada tiga hal yang dipandang sangat luar biasa yakni, nuansa kebangsaan sangat terasa, karena itu jika ingin melihat indonesia datanglah ke Toraja. Dirinya merasa sangat terkesan dengan adanya refleksi dari tokoh-tokoh agama yang sangat rukun dan kompak.

Yang kedua yang tak kalah pentingnya dan sangat menarik adalah nuansa kerakyatan sesorang pemimpin yang sangat terasa visi dan misinya yang dituangkan dalam even ini, yakni jangan biarkan rakyatku lapar, jangan biarkan rakyatku bodoh, dan jangan biarkan rakyatku sakit.

Program Pola Tanam Semusim (Brigade Turun Sawah)

Menurut Pj. Gub. Sulsel Konsep ini merupakan kebutuhan bangsa Indonesia. Oleh karena itu dirinya banyak memperoleh inspirasi di Toraja, dan hal yang ketiga yaitu tema yang diambil sangat menarik karena melalui tema HUT Toraja menyuarakan Indonesi. (titus/Advertorial)

 

Pos terkait