Peduli Lingkungan, Orang Muda Katolik Paroki Sitti Maryam Saluampak Bersihkan Gua Maria

LUWU,kabartimur.com – Lingkungan bersih merupakan dambaan setiap orang. Walaupun demikian hal ini juga merupakan bagian paling penting untuk merawat alam dan lingkungan. Dunia kebersihan menjadi topik yang tidak pernah habis dibahasakan oleh seluruh umat manusia di seluruh penjuru dunia ini.

Paroki Sitti Maryam Saluampak yang berada persis dibatas Kabupaten Luwu dan Kabupaten Luwu Utara, tepatnya Paroki ini berada di Desa Pongko’ Kecamatan Walenrang Utara Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, tapi umatnya banyak di Kabupaten Luwu Utara yang berjuluk Bumi Lamaranginang memiliki “Gua” Maria, yang dinamai Menerima Kabar Sukacita. Gua Maria Menerim Kabar Sukacita di Paroki ini dibangun dengan sumbangan dan sebagian umat setempat. Gua Maria tersebut merupakan tempat khusus untuk devosi kepada Bunda Maria, Ibu Yesus.

Dalam rangka bulan puasa (prapaskah) dengan bukti nyata animasi puasa orang muda katolik membersihkan dan memelihara lingkungan sekitar gua tersebut. Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Sitti Maryam Saluampak membersihkan area sekitar Gua Maria dan mengambil tanah untuk menaruh di tempat-tempat untuk tanam bunga.

Baca Juga :   Mambor Minta Persiapan Sambut Perayaan Satu Abad Tanah Peradaban dan Sidang Sinode GKI Dimulai dari Sekarang

Kegiatan ini merupakan salahsatu animasi bukti nyata dalam puasa ini, terutama ekologis. Ketua OMK Sitti Maryam Saluampak, Herlin, menyatakan bahwa, kegiatan tersebut merupakan bentuk dari cinta terhadap Tuhan dan cinta terhadap lingkungan sesama.

“Sejatinya, menjadi tugas utama prioritas pertama kita untuk selalu mencintai Tuhan, sebagai bentuk rasa syukur kita adalah salah satunya merawat alam dan isinya. Oleh karena itulah, harus menjadi bagian dari cara kita mengaktualisasikan program ekologis. Selain itu, ia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh rekan-rekan orang Muda Katolik yang telah menyisihkan waktu untuk berpergian ke Gua Maria Menerima Kabar Sukacita dan membersihkan di sekitar Gua tersebut,” sebutnya pada media ini, Selasa 7 Maret 2023.

Salah satu anggota OMK, Elisa Pasamman menyatakan bahwa, dirinya bangga dengan kegiatan yang dilakukan tersebut.

Baca Juga :   Pengurus PSMTI Manokwari Periode 2022-2026 Dilantik

“Saya bangga menjadi bagian dari Orang Muda Katolik Paroki Sitti Maryam Saluampak. Selain kebersamanaan, kita juga merawat lingkungan melalui ekologis,” jelasnya.(Red/*)

Pos terkait