Pastikan Keamanan Pangan di Manokari, BPOM Gelar Advokasi kegiatan Intervensi dan Pencanangan Zona Integritas

  • Whatsapp

MANOKWARI- Guna memastikan kondisi pangan yang beredar di kalangan Masyarakat, Balai Pengawasan Obat dan Makanan (B-POM) menggelar advokasi kegiatan intervensi keamanan pangan tahun 2021 dan pencanangan Zona integritas yang berlangsung di Hotel Swisbell Manokwari, Kamis (8/4/2021).

Kegiatan ini dibuka oleh bupati Manokwari, Hermus Indo yang ditandai dengan pemukulan tifa dan penandatanganan pencanangan zona integritas.

Advokasi kegiatan intervensi keamanan pangan tahun 2021 meliputi gerakan keamanan pangan desa (GKPD) , pasar pangamanan berbasis komunitas (PPABK) dan pangan jajanan yang dikonsumsi anak usia sekolah (PJAS).

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan bahwa pangan merupakan kebutuhan dasar hidup manusia yang paling utama dan pemenuhannya merupakan bagian dari hak asasi manusia sebagaimana dinyatakan dalam undang-undang pangan No.18 Tahun 2018 serta dijamin didalam UUD negara RI tahun 1945 sebagai komponen dasar untuk mewujudkan SDM yang berkualitas.

Baca Juga :   Pemda Manokwari Ajukan RAPBDP 2019 Senilai 1,367 Triliun

Oleh karena pemerintah berkewajiban mewujudkan ketersediaan, keterjangkauan dan pemenuhan konsumsi pangan yang cukup, aman bermutu dan bergizi seimbnag , baik tingkat Nasional maupun daerah termasuk perdesaan hingga perseorangan secara merata di wilayah NKRI sepanjang wakti dengan memanfaatkan sumber daya, kelembagaan dan budaya lokal.

Hermus mengungkapkan bahwa banyak jajanan masyarakat yang dijual dipasaran dengan beragam bentuk dan kreasi makanan yang disuguhkan untuk menarik minat para pembeli namun terkadang para konsumen kurang memperhatikan makanan terutama dalam hal keamanan, mutu dan giziakan makanan tersebut.

Hermus mengatakan, Kabupaten Manokwari terkenal dengan keindahan alamnya, Maka banyak UMKM berkembang termasuk umkm dibidang pangan.

“Meningkatnya umkm dibidang pangan serta rumah makan di Manokwari harus tetap menjaga kualitas dan aman untuk dikonsumsi harus tetap menjaga kualitas dan aman untuk dikonsumsi” kata Hermus.

Baca Juga :   4 Hari Lagi Ditutup , Parpol di Wondama Belum Daftarkan Bacaleg

Oleh karena itu, pemerintah kabupaten Manokwari sangat bangga menyambut program B-POM bersinergi dan mendapat dukungan dari pemrintah beserta seluruh masyarakat.

” Pemerintah kabupaten Manokwari sangat bangga menyambut program B-POM, dan tidak dipungkiri kegiatan ini akan berjalan lancar dan mencapai target jika BPOM bersinergi dan mendapat dukungan dari pemerintah beserta seluruh masyrakat” terang Hermus.

Lanjut Hermus, keamanan pangan sangat penting bagi peningkatan perekonomian secara menyeluruh olehnya itu pembangunan keamanan pangan harus dimulai dari individu, keluarga maupun masyarakat.

“Jika ada permasalahan mengenai keamanan pangan, maka harus segera ditanggulangi agar tidak berdampak luas pada kesehatan masyrakat. Melalui program ini diharapkan kebutuhan pangan dasar masyrakat yang aman, bergizi dan bermutu dapat terpenuhi” pungkas Hermus.(R)

Pos terkait