Pangdam Serta Pejabat Tinggi Lainnya Ikut Upacara Hut Ke-14 Maybrat, Pj Bupati Sebut 3 Makna Ultah Yang Harus Diingat

Maybrat, kabartimur.com- Pemerintah Kabupaten Maybrat menggelar upacara peringatan hari ulang tahun (Hut) Ke-14 Kabupaten Maybrat di lapangan Alun-alun Faitmayaf, Kumurkek Ibukota Maybrat, Papua Barat Daya, Rabu 3 Mey 2023. Ribuan warga dari berbagai pelosok Maybrat antusias memeriahkan puncak peringatan tersebut.

Upacara peringatan Hut ke-14 Kabupaten Maybrat dihadiri Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Gabriel lema, Danrem 181/PVT Sorong Brigjen TNI Juniras Lumbantoruan, Kompasmar 3 Brigjen TNI Rudi Sulistyanto, Pejabat Pemprov Papua Barat Daya, Bupati Sorong Selatan Syamsudin Anggiluli serta Wakapolres Kompol B Okoka, Dandim 1809 Maybrat Letkol Inf Yohanes Andy Wibowo, Kapolres Maybrat AKBP Gleen Rooi Molle, anggota DPR Papua Barat, Pimpinan dan anggota DPRK Maybrat, para tokoh serta seluruh warga masyarakat.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :   Hasil Pencermatan DCS di KPU Manokwari Setelah Pengajuan Perbaikan dan Perubahan, Sejumlah Calon Masih TMS

Upacara dikomandani oleh Dance Susim yang Kesehariannya menjabat sebagai Kepala Distrik Ayamaru Jaya. Sedangkan Perwira upacara didapuk Sergius Turot yang juga ASN di lingkungan pemerintah kabupaten Maybrat.

Bertindak sebagai inspektur upacara Hut ke-14 Kabupaten Maybrat, Penjabat Bupati Bernhard E Rondonuwu dalam amanatnya menyampaikan, perayaan HUT Kabupaten Maybrat merupakan momentum penting yang harus dimaknai sebagai simbol kelahiran sebuah daerah dan bukan seremonial semata.

“Melainkan titik untuk melakukan refleksi serta kontemplasi dalam menyelaraskan langkah perubahan dan pembangunan demi mewujudkan kehidupan dan masa depan masyarakat Maybrat yang lebih baik,” kata Bernhard saat membacakan sambutan.

Menurutnya, peringatan hari ulang tahun mempunyai tiga makna, yakni retrospektif, introspektif dan propektif.

“Makna retrospektif mengacu pada refleksi masa lalu, sementara introspektif berkaitan dengan evaluasi diri dan spiritual, dan makna propektif mengacu pada perencanaan dan strategi untuk mencapai tujuan di masa depan,” ujar Bupati.

Baca Juga :   Dukung Manokwari Kota Hijau, STIH Manokwari Menanam di Kampung Udopi

Dia mengatakan, sebagai orang Maybrat harus termotivasi dan terinspirasi dari para pendahulu yang telah berjasa. Begitupun generasi muda, menurutnya perlu berjuang demi meraih apa yang telah dicita-citakan oleh para founding fathers, dan bersinergi dalam segala pembangunan.

“Oleh karena itu, pada peringatan HUT ke-14 tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Maybrat mengusung tema “Memperkokoh Sinergi dalam Pembangunan Menuju Maybrat yang Aman, Maju, Adil, dan Sejahtera” dan diharapkan menginspirasi semua pihak untuk bersama mengukir dan memaknai sejarah kebangkitan Kabupaten Maybrat,” Pungkasnya.

Bernhard juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh hadirin yang berkenan menghadiri peringatan Hut Ke-14 Kabupaten Maybrat.

Upacara peringatan HUT Ke-14 Kabupaten Maybrat turut dimakanai dengan berbagai kegiatan seperti, ulasan singkat tentang sejarah pemekaran Kabupaten Maybrat, pemberian penghargaan kepada 19 tokoh pemekaran, penyerahan SK Kenaikan pangkat 6 orang ASN, pemotongan kue ulang tahun, yospan oleh Korem 181 PVT/Sorong dan Polres Maybrat, aksi hitung cepat dengan metode Gasing oleh para siswa-siswi SD, penghormatan dan tabur bunga taman makam bahagia serta konser artis lokal daerah Papua Barat, Dosrkas Sentuf dan Dj Sammy.

Baca Juga :   Operasi Keselamatan Mansinam 2022 Benturan Kepala Dominasi Penyebab Meninggal Dunia Dalam Laka Lantas

Upacara bejalan tertib dan lancar dengan pengawalan aparat TNI dan Polri hingga selesai.(Red/CR)

Pos terkait