Masyarakat Diharapkan Dapat Bertanggung Jawab Terhadap Kebersihan dan Kemananan Lingkungannya

MANOKWARI,Kabartimur.com- Guna membangun kesepakatan bersama agar masyarakat dapat bertanggung jawab untuk membersihkan lingkungan dimana mereka tinggal , Pemerintah Kabupaten Manokwari melalui distrik Manokwari barat melaksanakan sosialisasi peningkatan pendidikan dan penyuluhan kebersihan lingkungan bagi warga masyarakat kelurahan dan kampung se-distrik Manokwari Barat .

Sosialisasi tersebut dibuka langsung oleh Bupati Manokwari, Hermus Indou di aula kantor distrik Manokwari Barat, Rabu(14/09/2022) yang melibatkan peserta sebanyak 90 orang masing-masing perwakilan dari kelurahan dan kampung yang berada di wilayah distrik Manokwari barat.

Ketua panitia dalam laporannya menjelaskan ,kegiatan sosialisasi peningkatan pendidikan dan penyuluhan kebersihan lingkungan agar warga masyarakat mengetahui pentingnya lingkungan yang bersih karena dengan lingkungan yang bersih menjadikan hidup sehat aman dan damai.

Adapun sasaran dari kegiatan sosialisasi ini diharapkan warga masyarakat di wilayah distrik Manokwari barat yang terdiri dari 6 kelurahan dan empat kampung dapat menjaga lingkungan sehingga kota Manokwari menjadi kota yang bersih sehat aman indah dan sejahtera sesuai dengan visi bapak bupati dan wakil bupati Manokwari misi yang ke-7 yakni mengelolah lingkungan hidup secara lestari berkelanjutan dan periodisasi masa depan menggunakan teknologi tepat guna dan ramah lingkungan.

Baca Juga :   Awal Maret, Bupati Instruksikan OPD Paparkan Pencapaian Program Kerja 4 Tahun Lewat Media Massa

“Kami harapkan kedepannya kegiatan sosialisasi ini dapat dilaksanakan lagi yang akan berinteraksi langsung dengan masyarakat” harapnya.

Sementara itu, Bupati Manokwari, Hermus Indou dalam sambutannya menyampaikan untuk membangun dan mewujudkan kota Manokwari sebagai kota yang diharapkan maka perlu adanya dukungan semua kalangan masyarakat.

Selaku pemerintah, bupati mengapresiasi kepada para distrik dan juga kepala dinas lingkungan hidup dan pertanahan dan jajaran yang sangat responsif dan juga berinisiatif untuk bisa menyelenggarakan kegiatan sosialisasi peningkatan pendidikan dan juga pelatihan kepada seluruh masyarakat tentang pengelolaan lingkungan hidup termasuk sampah yang ada di kabupaten manokwari.

Tujuan dari sosialisasi ini ingin membangun pengetahuan dan juga kesepahaman kita bersama dimana lingkungan adalah aspeknya luas sehingga perlu mendapatkan pendidikan dan juga pelatihan agar bisa memiliki kemampuan atau pengetahuan yang luas tentang apa yang harus dikerjakan dalam rangka mengelolah semua sampah untuk mewujudkan kabupaten Manokwari sebagai ibukota provinsi dan juga pusat peradaban yang tentu sangat kompetitif.

Baca Juga :   Mahasiswa Tambrauw Adukan Kosmos Baru ke DPD Golkar PB

Membangun lingkungan yang sehat dan juga kebersihan di wilayah masing-masing menjadi hal yang harus diperhatikan dan dipertanggung jawabkan oleh setiap warga masyarakat.

Bupati juga mengapresiasi usaha yang sudah dilakukan oleh para kepala distrik dan lurah beserta jajarannya sebagai leading sektor yang mengendalikan, melaksanakan dan juga mengendalikan secara langsung dan operasional masalah lingkungan hidup di kabupaten Manokwari dan mengarahkan semua pihak untuk bisa meningkatkan kemampuan dan bertanggung jawab melestarikan lingkungannya dengan baik.

“Bicara soal sampah dan lingkungan, pengelolaannya lebih dekat dengan masyarakat sehingga pengetahuan dan pemahaman bahkan komitmen bersama terkait hal ini adalah mereka yang tinggal dekat dengan sampah dan juga lingkungan” ujarnya.

Olehnya itu pemerintah daerah mengambil kebijakan untuk distrik , lurah di kabupaten Manokwari perlu ditingkatkan kapasitasnya dalam kewenangan terkait masalah sampah dan lingkungan karena merekalah yang dekat dan bermukim di lingkungan itu.

Baca Juga :   Daftar guru kontrak SMA DAN SMK se Papua Barat dengan Bank penyalur

Bupati menegaskan kepada semua stakeholder yang ada di lingkungan tersebut agar penanganan sampah atau lingkungan hidup di kabupaten Manokwari dilakukan secara cepat dan juga berkelanjutan tanpa harus menunggu ada perintah dari pimpinan.

Selain itu, ketersediaan sumber daya manusia masyarakat di sekitar lingkungan nya diharapkan bisa bertanggung jawab di lingkungannya baik dari kebersihan maupun keamanan lingkungannya.

Terkait dengan aspek manajemen pengelolaan lingkungan, dan perencanaan serta pembagian tugas harus terus dievaluasi dalam mengantisipasi masalah yang terjadi.

“Mari kita jadikan momentum pelatihan dan sosialisasi ini sebagai momentum untuk meningkatkan komitmen dan juga tanggung jawab kita bersama-sama untuk mengelola lingkungan dan juga sampah secara bertanggung jawab di kabupaten Manokwari untuk mewujudkan kabupaten Manokwari yang bersih dan aman serta nyaman bagi kita semuanya” tandas Bupati

Pos terkait