Mantap ! Bayi Lahir di RSUD Teluk Wondama Langsung Terima Kartu Identitas Anak

  • Whatsapp

WASIOR – Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat resmi meluncurkan Kartu Identitas Anak (KIA). Mulai tahun ini setiap bayi yang lahir di RSUD Teluk Wondama akan langsung mendapatkan KIA yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).

Selain RSUD, tiga Puskesmas dalam kota yakni Puskesmas Wasior, Wondiboi dan Rasiei juga akan memberlakukan hal serupa yakni setiap bayi yang lahir akan diberikan KIA, Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga.

Nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) penyediaan KIA, KK, Akta Kelahiran juga Akta Kematian bagi pasien yang meninggal antara Dinas Dukcapil dengan Dinas Kesehatan telah ditandatangani kedua belah pihak pada 29 Juli lalu di lapangan apel perkantoran Pemda di Isei.

Penandatanganan MoU oleh Kepala Dinas Dukcapil Edison Kabiay dan Kepala Dinas Kesehatan dr. Habel Pandelaki disaksikan langsung Bupati Bernadus Imburi.

MoU tersebut, kata Edison Kabiay merupakan upaya mewujudnyatakan pelayanan prima kepada masyarakat terutama yang berkaitan dengan administrasi kependudukan.

”Setiap anak yang lahir di rumah sakit atau Puskesmas petugas kita langsung berikan KIA, mengisi data anak di dalam KK dan memberikan Akta Kelahiran sehingga mereka tidak lagi repot-repot mengurus identitas tersebut, “ jelas Kabiay.

Pemberikan KIA, KK dan Akta Kelahiran secara gratis bagi setiap bayi yang lahir di RSUD maupun Puskesmas diharapkan bisa menumbuhkan minat dan kesadaran masyarakat Wondama untuk selalu melakukan persalinan di fasilitas kesehatan.

“Selain kami berikan pelayanan kesehatan juga jaminan keselamatan ibu dan bayi dapat kita tangani dengan baik tetapi juga mereka memiliki identitas diri secara lengkap. Kita harapkan hal ini bisa mendorong masyarakat untuk melakukan persalinan di RS atau Puskesmas, bukan di rumah atau tempat lain yang berisiko secara medis, “ kata dr.Habel Pandelaki.

Bupati Bernadus Imburi menilai kerjasama Dinas Dukcapil dan Dinas Kesehatan tersebut merupakan terobosan positif dalam rangka menghadirkan pelayanan prima bagi masyarakat.

“Hal ini sangat baik dan ini merupakan wujud pelayanan prima kita kepada masyarakat. Saya sangat mendukung pelayanan kedua dinas tersebut dan sadar atau tidak sadar kita sementara melangkah menuju kepada perubahan,” ucap orang nomor satu Wondama ini. (Nday)

Pos terkait