Lantik Pejabat OPD, Bupati Imburi Ingatkan Pejabat Adalah Pelayan Rakyat Bukan Sebaliknya

  • Whatsapp

WASIOR – Bupati Teluk Wondama, Papua Barat Bernadus Imburi merotasi sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD). Beberapa pejabat eselon dua ditarik menjadi staf ahli. Ada juga yang diberhentikan dari jabatan karena memasuki masa persiapan pensiun.

Dalam pidatonya saat pelantikan, Jumat di Gedung Sasana Karya di Isei, Bupati mengingatkan semua pejabat yang baru dilantik agar siap menampilkan kinerja terbaik agar bisa memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Harus diingat bahwa saudara adalah sebagai pelayan publik, bukan pihak yang dilayani. Layani masyarakat dengan baik, sepenuh hati, setulus hati dan bukan sesuka hati, “ tandas Imburi.

Imburi juga menekankan keharusan tertib administrasi dalam segala hal terutama menyangkut pengelolaan keuangan.

“Tertib administrasi adalah azas utama dalam pelaksanaan pemerintahaan saat ini sehingga semua kegiatan yang dilaksanakan saat ini harus benar-benar akuntabel, “ ujar orang nomor satu Wondama ini.

Adapun mereka yang dilantik terdiri atas 18 pejabat eselon dua (pejabat tinggi pratama), 7 pejabat eselon III dan IV serta dua pejabat kepala distrik.

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Ujang Waprak sebelumnya menjelaskan, mutasi dan promosi pejabat eselon dua yang dilakukan bupati didasarkan pada hasil uji kompetensi penyesuaian jabatan atau job fit yang telah dilaksanakan pada Oktober 2018 dengan menggandeng tim asesor dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) Makasar.

“Dari hasil job fit itu bisa diketahui pejabat A punya kompetensi di bidang ini, pejabat B punya kemampuan yang cocok di bidang ini. Sehingga perlu dilakukan penyesuaian jabatan sesuai dengan kemampuan dan kompetensi pejabat yang bersangkutan, “ terang Waprak. (Nday)

Pos terkait