Ikut Lomba Desa, Pemdes Andalkan Partisipasi Warga

HALTIM,Kabartimur.Com – Pemerintah Desa Maba Sangaji Kecamatan Kota Maba,Kabupaten Halmahera Timur (Haltim)Provinsi Maluku Utara (Malut),mulai melakukan sejumlah kegiatan penataan maupun pembersihan lingkungan yang ada di desa tersebut. Hal itu dilakukan untuk persiapkan desa Maba Sangaji dalam mengikuti lomba desa dalam 10 program PKK tahun 2022.

Kepala Desa Maba Sangaji, Kasman Mahmud, saat di konfirmasi wartawan mengatakaan pihaknya dalam mengikuti lomba desa tersebut, sangat mengandalkan peran serta warga untuk ikut berpartisipasi dalam penataan wajah desa.” Yang pasti kami melihat ini sebagai peluang untuk menggalang partisipasi masyarakat untuk mempercantik desa Maba Sangaji, dengan semangat gotong royong yang tinggi, saya sangat optimis kegiatan ini berimpek baik bagi desa kami,”jelasnya, Sabtu kemarin (26/02/2022).

Kata dia, ada sejumlah item penilaian yang saat ini sedang di bangun oleh pemerintah desa bersama warga, dimana selain pembersihan desa, pihaknya juga sedang membangun salah satu kebun percontohan yang nantinya akan dijadikan sebagai spot agrowisata yang ada di kecamatan Kota Maba.” Kita bangun agar masyarakat selain memanfaatkan lahan ini sebagai lokasi pertanian, juga tentu bisa dijadikan tempat wisata, karena kita akan bangun spot khusus yang akan jadi arena baru untuk warga berwisata, khususnya wisata pertanian,” Ujar dia.

Baca Juga :   Aisyiyah Papua Barat Sosialisasikan UU ITE dan UU Perlindungan Anak

Kasman menambahkan, pihaknya tidak menargetkan untuk menjadi juara dalam lomba yang dilaksanakan PKK tersebut, namun target yang jadi prioritas adalah kesejahteraan warga dan juga membangun budaya kerja dengan penyediaan lahan Tani yang dapat dimanfaatkan warga.” Tetapi dengan partisipasi masyarakat yang begitu besar saya sangat yakin Maba Sangaji bisa masuk sebagai juara hingga mewakili Haltim di tingkat provinsi nantinya,” terang dia

Senada dengan itu, Sekretaris Desa Maba Sangaji, Edwar Suretu, mengapresuasi partisipasi besar masyarakat Maba Sangaji yang turut serta dalam setiap kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah desa Maba Sangaji. “Partisipasi masyarakat sangat besar, sehingga dengan modal gotong royong setiap kegiatan yang dilaksanakan berjalan dengan baik, salah satunya pembuatan kebun percontohan,” terang dia.

Sementara itu, untuk memaksimalkan kegiatan lomba desa itu kata dia, pihaknya juga meminta kepada warga khusunya yang belum memiliki pagar rumah agar segera dibagun, hal itu bertujuan agar dalam penilaian nanti semua item bisa terpenuhi. ” Kami sudah rapat dengan masyarakat dan disetujui khusunya mereka yang belum punya pagar agar dibagun meskipun sederhana, selain itu, kami juga menekankan agar dilakukan penertiban ternak bagi pemilik ternak agar tidak mengotori desa,” ungkap dia.

Baca Juga :   Jokowi Minta ASEAN Tangani Masalah Muslim Rohingya di Rakhine State

Pantauan wartawan Kabartimur.com , sejumlah warga tampak ikut dalam kegiatan pembuatan kebun percontohan yang menjadi icon andalan warga di desa Maba Sangaji dalam mengikuti lomba desa nantinya. ” Kami sangat mendukung kegiatan lomba desa ini, karena sangat bermanfaat bagi desa, terutama dari segi penataan desa maupun kebersihan. Selain itu solidaritas masyarakat juga terpupuk dengan baik karena semua ikut serta dalam kegiatan bakti sosial di desa seperti pembuatan kebun percontohan ini,” terang salah satu pemuda Gafur. (Red/Ruslan ).

Pos terkait